Angkasa Pura 2

Jonan: Tingkatkan Pergerakan Pesawat Bandara Soetta Tak Perlu Tambah Runway, Cukup Tingkatkan Navigasi Udara

Bandara KokpitSelasa, 15 Desember 2015
20151104_224651

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan dalam meningkatkan pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) belum dibutuhkan tambahan runway. Namun, yang lebih penting meningkatkan kapasitas dan kualitas navigasi udara.

Dia mengemukakan: “Gini, kalau mau naikkan movement pesawat 50% dari 72 pergerakan menjadi 100 pergerakan misalnya, tidak perlu menambah runway. Yang perlu ditingkatkan itu navigasi udaranya.”

“Saya kira runway yang ada di Soetta itu masih bisa menampung. Tinggal bagaimana meningkatkan kualitas navigasi udara. Dan, ini memang butuh waktu,” ujarnya, dalam National Economic Forum yang digelar di Jakarta, Senin (14/12/2015) malam.

Menurutnya dengan penambahan runway di Bandara Soetta akan membutuhkan waktu yang panjang. Bukan hanya dari sisi perencanaan maupun pembiayaan namun yang lebih penting butuh proses pembebasan lahan.

“Kalau bangun runway ya berapa lama. Pasti lama, sementara bandara itu idealnya harus steril. Karena itu kalau saya yang perlu ditingkatkan itu hanya dari sisi navigasi udara,” ujarnya. (sindo).