Angkasa Pura 2

Ketua STIP Jakarta Resmikan Helicopter Simulator

Dermaga Kokpit SDMSelasa, 15 Desember 2015
Arifin Gunting Helikopter

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIPY Jakarta Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum meresmikan Helicopter Simulator di Kolam Latih Taruna di Kampus STPI, Jakarta, Selasa (15/12/2015). Helicopter simulator ini akan melengkapi fasilitas dan saran diklat pelaut di STIP.

Helycopter simulator ini dibangun dan disiapkan untuk meningkatkan pelayanan Program Diklat Short Course di STIP dan untuk memenuhi implementasi STCW 2010 (Manila).

Capt. Arifin didampingi Kasie Kapal Latih STIP Capt. Sajim Budi Setiawan, MM meresmikan Helicopter Simulator ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. Kemudian dilanjutkan peninjauan ke seluruh fasilitas dan perlengkapan Helicopter Simulator dan dilanjutkan demontrasi pertolongan pada korban kecelakaan di laut dan bersinergi dengan pesawat helikopter SAR..

Dalam sambutannya, Capt. Arifin berpesan untuk menggunakan fasilitas Helicopter Simulator dengan baik untuk menunjang kegiatan pendidikan dan latihan calon pelaut di STIP. Pelaut harus bisa memberikan pertolongan dan evakuasi korban kecelakaan, baik di laut atau memindahkan korban ke helikopter SAR.

“Jaga dan rawat dengan baik, karena mesin ada usia teknis dan fatiknya. Jangan sampai berlebihan. Gunakan secara maksimal tetapi tetap memperhatikan kapasitas alat tersebut,” pesannya pada Kasie Kapal Latih Capt. Sajim Budi Setiawan, MM.

Sarana diklat terbaru milik STIP Jakarta ini, lanjut Arifin, diharapkan bisa membantu dan mendukung pelaksanaan Diklat Taruna STIP sekaligus melayani siswa short course kompetensi pelaut di Kampus STIP Jakarta.

Helikopter Simulatr STIP

“Kapal latih yang dilengkapi Helicopter Simulator diharapkan bisa meningkatkan kualitas lulusan diklat pelaut di STIP. Kini di kolam latih ini, para taruna dan perwira siswa (pasis) bisa terus mengkaji dan mengasah kemampuan sebagai calon pelaut yang tangguh dan pilih tanding,” tandas Arifin.

Dalam acara tersebut, hadir pula para pejabat di lingkungan STIP Jakarta, seperti Puket II STIP Heru Widada, ST. M.Mar.E, dosen dan taruna STIP baik dari jurusan Nautika atau Teknika.

Khusus untuk demontrasi pertolongan korban mulai mengangkat dari laut ke kapal terus dinaikkan ke helikopter diperankan oleh taruna STIP tingkat I.

Sementara, para taruna senior hanya mendampingi dan mendukung aktivitas juniornya di saat praktek di kapal dan simulator tersebut. (helmi)