Angkasa Pura 2

Bertolak Ke Kupang Selasa Sore

Pelni Operasikan Kapal Ternak KN Cemara Nusantara I

DermagaSelasa, 15 Desember 2015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) -PT. PELNI menjadi operator Kapal Ternak Tol Laut yang diresmikan Presiden Jokowi pada 10 November 2015. Kapal Camara Nusantara I yang tiba di Tanjung Priok dengan membawa 353 sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) Jumat (11/12/2015) itu kembali ke Kupang Selasa (15/12/2015) dengan ABK dari PT. Pelni.

Penugasan kepada ABK PT. Pelni setelah dilakukan penandatanganan kontrak antara PT. Pelni dengan Kementerian Perhubungan, Senin (14/12) di Kementerian Perhubungan oleh Direktur Komersaial PT. Pelni Harry Budiarto dan kepala PPK Kapal Ternak Kementerian Perhubungan Wawan Rudi Berlianto di Kemenhub.

Direktur Komersial Pelni Harry Budiarto mengatakan, sebagai operator pelayaran terbesar di Nusantara Pelni siap mengoperasikan Kapal Ternak Tol Laut. “Ini merupakan amanah pemerintah kepada Pelni. Kami telah menyiapkan 22 orang anak buah kapal (ABK) untuk mengawaki Kapal Camara Nusantara I. Kapal akan berangkat Selasa (15/12/2015) sore dari Tanjung Priok ke Kupang,” terangnya.

Kapal Camara Nusantara I merupakan kapal milik Kementerian Perhubungan yang khusus untuk mengangkut ternak sapi dan kerbau. Kapal ini mampu mengangkut 500 ekor sapi dalam sekali perjalanan. Sapi dikirim dari NTT meliputi Kupang dan Bima menuju Surabaya, Semarang, Cirebon dan Jakarta. “Dalam satu voyage (perjalanan pergi pulang) perlu 14 hari. 8,5 hari layar dan 5,5 hari sandar,” imbuh alumni ITB itu.

Dalam sebulan satu kapal ini dapat memasok hingga 1.000 ekor sapi dari NTT ke Jabar dan DKI. Bila ini rutin dapat terlaksana, akan membantu peternak di NTT untuk lebih giat dalam pengembangbiakan sapi. Sedangkan bagi Jawa Barat dan DKI Jakarta yang memerlukan pasokan sapi dari luar daerah, dapat menambah stok daging, sehingga diharapkan dapat menjaga harga daging sapi. (helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari