Angkasa Pura 2

Cuaca Buruk, Picu Antrean Truk Sembako Di Pelabuhan Merak

Dermaga KoridorMinggu, 20 Desember 2015
Ratusan truk yang akan menyebrang ke Sumatera memadati seluruh areal Dermaga di Pelabuhan Merak, Banten.

MERAK (BeritaTrans.com) – Ribuan truk yang mengangkut bahan kebutuhan pokok atau sembako dan pakan ternak yang hendak menuju Sumatera mengular tiga kilometer di sepanjang Jalan Ciukuasa hingga Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Antrean panjang mengular sampai ke ujung tol Jakarta-Merak, sejak Sabtu (19/12/2015) petang.

Cuaca buruk di selat Sunda serta makin tingginya volume kendaraan yang hendak menyeberangan dari Jawa ke Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten memicu antrean panjang tersebut. Manajeen PT ASDP Merak, mengambil kebijakan buka tutup, untuk mengatasi cuaca buruk dan arus penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni tetap aman dan selamat.

“Kami sudah 12 jam lebih masih mengantre untuk masuk ke Dermaga Pelabuhan Merak akibat cuaca buruk di Perairan Selat Sunda,” kata Aminudin, sopir truk sembako bertujuan Palembang, Sabtu .
(19/12/2015).

Antrean truk ini sudah berlangsung selama tiga hari terakhir sehingga memperlambat proses penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung.

Semestinya, Aminudin sudah menyeberang ke Lampung, namun saat ini masih antre. Kemungkinan dia baru bisa menyeberang ke Sumater dinihari karena lima Dermaga Pelabuhan Merak masih dipadati angkutan.

“Kami berharap arus penyeberangan bisa kembali berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan,” katanya.

Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna mengaku bekerja keras untuk kelancaran arus kendaraan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Kami minta sopir bersabar karena cuaca buruk menyebabkan kapal fery susah sandar di dermaga,” tegas Nana.(hel/ant)