Angkasa Pura 2

Ferry Cepat Berkapasitas 350 Penumpang Akan Layari Batam – Letung Tarempa

DermagaSabtu, 26 Desember 2015
pelabuhan_tarempa

KEPULAUAN ANAMBAS (BeritaTrans.com) – Kapal ferry cepat akan melayani rute dari Batam-Letung-Tarempa PP mulai tahun depan. Kapal akan dioperasikan Moda transportasi perusahaan pelayaran Samudera Tujuh dengan bekerjasama investor BUMN dari Tiongkok.

“Kita belum tahu kapan kapal akan beroperasi tapi saat ini kita sudah upayakan itu. Tim kita sudah berada di Batam untuk membicarakan ini kepada pihak ketiga,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur kepada wartawan, Jumat (25/12) siang.

Masykur menjelaskan kapasitas penumpang kapal sekitar 350 orang dengan kecepatan penuh mencapai 30 knot. “Ini melebihi kecepatan ferry yang ada saat ini yang hanya berkisar 22-25 knot,” ungkap Masykur.

Masykur mengatakan pemerintah akan tetap mendukung untuk semua pihak investor yang ingin berinvestasi ke Anambas. Pihaknya tidak pernah menghalangi investor yang masuk menanam modalnya untuk daerah Anambas, apalagi dalam pelayanan transportasi laut.”Kami sangat butuh investor yang lainnya jika ingin berinves di Anambas.

Ia menambahkan pihaknya sudah dihubungi oleh investor tersebut untuk membicarakan proses adminitrasi yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan. Jika hal ini terialisasi besar kemungkinan transportasi laut yang
melayani antar Kabupaten/Kota akan berjalan dengan lancar. “Akan kita bantu proses adminitrasinya dengan mudah asal melalui aturan yang berlaku,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Kantor Samudra Tujuh Ahmad Fahriansyah, memperkirakan kapal akan beroperasi sekitar bulan Maret tahun 2016 mendatang. Pihaknya sudah membahas bersama dengan pihak investor dari negara Tiongkok untuk bekerjasama dalam melayani pelayanan pelayaran transportasi laut kepada masyarakat Anambas pada umumnya. “Kami sudah rapat kemarin, setelah musim angin utara selesai kapal akan kita berangkatkan,” ucapnya.

Adapun pelayanan yang akan diberikan kepada penumpang yaitu kapal tersebut memiliki kargo khusus dan mempunyai ruangan khusus bagi pasien yang sedang rujuk untuk berobat di Provinsi. “Jika ada surat rujukan berobat dari pemerintah, pihak perusahaan akan memberi gratis bagi pasien,” Ucap Ahmad.

Kata Ahmad yang paling diutamakan dalam melakukan pelayanan terhadap penumpang nanti diprioritaskan kenyamanan bagi penumpang bahkan setiap penumpang akan mendapatkan sebuah pelampung keamanan dan ditambah lagi pelayanan kesehatan yang selalu siap tersedia. “Yang pastinya pelayanan kesehatan yang diprioritaskan,” jelasnya.(anky).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari