Angkasa Pura 2

Pelabuhan Benoa Disinggahi 58 Kapal Pesiar Angkut Puluhan Ribu Turis Mancanegara

DermagaSabtu, 26 Desember 2015
1116040pelabuhan-benoaa780x390

DENPASAR (BeritaTrans.com) – Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa, Bali, diakhir tahun 2015 tercatat sedikitnya 58 kapal pesiar yang merapat dengan penumpang mencapai puluhan ribu orang wisatawan.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Benoa Ali Sodikin di Sanur, Kota Denpasar, Rabu mengaku jumlah tersebut tidak mencapai target tahun ini yang harusnya sebanyak 60 unit kapal pesiar.

“Target tahun ini sebenarnya 60 unit kapal pesiar, namun ada yang membatalkan karena sesuatu dan lain hal. Namun Dari 58 kapal pesiar itu, 56 kapal pesiar sudah merapat, sedangkan dua kapal pesiar yakni Astor dan Sun Prinses asal Australia akan berlabuh 30 Desember,” ungkapnya seperti dikutip kontan.

Ia mengatakan jumlah perkiraan penumpang dari 58 kapal pesiar itu mencapai 68.000 penumpang wisatawan asing.

Ali Sodikin mengatakan pembatalan kapal pesiar ke Pulau Dewata tahun 2015 disebabkan berbagai faktor, antara lain kuota penumpang mungkin kurang sehingga dialihkan ke negara terdekat.

Alasan pembatalan lainnya, kata dia, kemungkinan karena faktor cuaca yang sempat terjadi gelombang tinggi sehingga beresiko menurunkan penumpang dan mereka memilih pembatalan (cancel).

“Pihak kapal pesiar tidak pernah memberitahu langsung alasan utama mereka cancel ke Bali. Namun petugas kami di pelabuhan tetap siaga untuk kedatangan kapal cruise tersebut,” ujarnya.

Alasan lain, kata Ali Sodikin, yang diduga menyebabkan sejumlah kapal membatalkan kedatangan kemungkinan karena ukuran kapal pesiar mereka terlalu besar untuk berlabuh di Dermaga Pelabuhan Benoa.

Ia mengakui saat ini pelabuhan terbesar di Bali ini baru sanggup menampung satu unit kapal pesiar akibat keterbatasan panjang dermaga.

“Pelindo III saat ini dalam proses mengerjakan perpanjangan dermaga agar dapat menampung dua unit kapal pesiar. Target penyelesaian proyek perpanjangan tersebut baru dapat terealisasi pada 2016,” ucapnya didampingi Humasnya Mira Eka Putri.

Ia mengatakan meski jumlah unit kapal lebih rendah dari target, tetapi mereka tetap bangga karena jumlah penumpang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2014.

“Kalau melihat data kunjungan wisatawan asing melalui pelabuhan kapal pesiar tahun lalu hayanya 34.903 orang, Sedangkan tahun ini sudah tercatat mencapai 68.000 wisatawan,” ujanrya.

Ali Sodikin menambahkan, tiap kapal pesiar merapat di Pelabuhan Benoa rata-rata menginap dua hari di Bali. Bahkan, para penumpang wisman juga banyak yang memperpanjang masa liburannya di Pulau Dewata.

“Kapal pesiar Azamara Quest yang kini berlabuh di Pelabuhan Benoa sudah dua malam berlabuh dan menginap di Benoa.” katanya. (fia).