Angkasa Pura 2

Setelah 8 Menit Terbang, Pilot Malaysia Airlines Bingung Pesawat Terbang Ke Arah Yang Salah

Bandara KokpitSenin, 28 Desember 2015
20151228_084810

KUALA LUMPUR (BeritaTrans.com) – Pilot pesawat Malaysia Airlines dengan rute Selandia Baru – Malaysia baru sadar pesawatnya terbang menuju ke arah yang salah setelah delapan menit berada di udara.

Pesawat dengan nomor penerbangan MH132 sedianya terbang dari Auckland ke Kuala Lumpur. Namun, pesawat sempat berbelok menuju Melbourne. Pilot yang sadar akan kesalahan jalur penerbangan itu sempat bertanya kepada menara kontrol penerbangan (ATC) di Auckland kenapa pesawatnya tidak diarahkan melewati jalur normal.

Tidak ada penumpang yang sadar akan kesalahan rute terbang pesawat. Beruntung, pilot segera membelokkan pesawat ke jalur normal dan melanjutkan penerbangan dengan aman ke Kuala Lumpur. Airways selaku operator ATC di wilayah tersebut pun melakukan segera melakukan penyelidikan. Mereka memastikan kesalahan tersebut tidak terulang di masa depan.

“Kami memiliki tim internal yang akan menyelidiki mengapa pesawat berada di jalur yang agak berbeda dari biasanya untuk menuju Kuala Lumpur,” ujar juru bicara Airways, dilansir Telegraph, Senin (28/12/2015).

Airways menyatakan diri bekerja sama dengan pihak maskapai Malaysia Airlines terkait insiden pada Jumat (25/12/2015) tersebut. Namun, pihak Malaysia Airlines menolak berkomentar atas insiden tersebut. Sementara itu ahli penerbangan Selandia Baru, Peter Clark, mengungkapkan bahwa terkadang pesawat mengambil jalur selatan Australia untuk menghindari cuaca buruk atau pusaran angin.

“Pilot pesawat itu mungkin tidak terbiasa dengan jalur tersebut. Bagaimanapun juga, pilot itu sudah bekerja dengan sangat baik dengan menyadari kesalahan jalur dan sempat bertanya ke ATC. Beruntung dia tidak begitu saja terbang yang bisa saja berakibat hilangnya pesawat atau bahkan kecelakaan,” ujar Clark. (okz).

loading...