Angkasa Pura 2

Teriak Bawa Bom, Pria Inggris Ditahan Keamanan Bandara Schiphol

Bandara KokpitMinggu, 3 Januari 2016
Main Entrance in Schiphol Airport- Amsterdam

AMSTERDAM (beritatrans.com) – Ulah iseng penumpang pesawat ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Seorang pria Inggris berusia 29 tahun terpaksa harus berurusan dengan pihak keamanan bandara dan polisi militer Bandara Schippol, Amsterdam, Belanda dan ditahan gara-gara berteriak-teriak memiliki bom.

Ulah isengnya tersebut tentu saja membuat pihak keamanan bandara terbesar di negara kincir angin tersebut sigap menangkap dan menahan pria yang tidak disebutkan identitasnya tersebut. Kejadiannya pada Jumat (1/1/2016) yang merupakan hari pertama di tahun 2016.

Seperti diberitakan di laman DutchNews.nl, Minggu (3/1/2016), kejadian tersebut membuat terminal 3 keberangkatan ditutup untuk sementara waktu.

Salah satu foto memperlihatkan pria itu tertelungkup di lantai dekat check-in, dikelilingi oleh polisi bersenjata berat, Sementara penumpang lain tampak berlindung.

Ketika barang bawaan pria itu diperiksa tidak ditemukan bahan peledak jenis apapun, termasuk ketika dicari di daerah sekitarnya.

Di Indonesia, kelakuan seperti itu telah beberapa kali terjadi. Kejadian terakhir dilakukan oleh Donny Boscho Deike, seorang penumpang pesawat dari Solo menuju Wamena, Papua, pada 30 Desember 2015.

Sebelumnya, pada 26 Desember 2016, pihak keamanan Bandara Eltari, Kupang, NTT harus menahan tiga orang penumpang pesawat Batik Air dengan alasan serupa. Padahal, dalam UU Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan, bercanda soal bom diancam sanksi berat. Ancaman hukumannya maksimal 8 tahun penjara. (aliy)

loading...