Angkasa Pura 2

Resmikan Masjid Raudhatul Ilmi

Tommy Ajak Civitas Academika STPI Curug Makmurkan Masjid

SDMRabu, 6 Januari 2016
Tommy Raudhatul ilmi2

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Islam tidak hanya memerintahkan kepada kita untuk membangun masjid, tetapi juga perintah untuk memakmurkan masjid atau imaratul masjid. Membangun masjid dan memakmurkan masjid dalam arti meramaikannya dengan kegiatan amal ibadah kepada Allah dan amal kebajikan bagi kemaslahatan umat, merupakan dua hal yang tidak terpisahkan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengembagan SDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si saat meresmikan RAUDHATUL ILMI (Taman Pengetahuan)” di komplek Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Rabu (6/1/2016).

Menurutnya, kegiatan memakmurkan masjid berlangsung untuk selamanya, selama masjid itu berdiri. Artinya, kita harus mengintegrasikan masjid dengan kehidupan umat. Oleh karena itu umat Islam seharusnya memberikan perhatian yang sama dan seimbang terhadap kegiatan membangun dan memakmurkan masjid.

Tommy raudhatul ilmi1

“Dari kata “memakmurkan masjid”, sesungguhnya tersirat makna masjid sebagai lembaga yang hidup dan berinteraksi dengan umat,” kata Tommy, yang uga dihadiri Kepala Pusbang Pengembangan SDM Perhubungan Udara Yuli Sudoso Hastono, SE, S.SiT, Ketua STPI Ir Yush Sari Sitopul, MM, pimpinan dan staf STPI serta ratusan taruna-taruni STPI yang beragama Islam. Hadir pula beberapa kepala UPT, seperti Kepala BPPP Curug, Sukarwoto, S.SiT, MM, Dirktur ATKP Surabaya Ir. Setio dan lainnya.

Dikatakan, kini sudah bukan saatnya umat Islam berlomba-lomba (fastabiqul khairat) bukan hanya di dalam membangun masjid, tetapi juga di dalam menghidupkan fungsi masjid sebagai wadah kesatuan umat dan pusat kegiatan kejamaahan. Masjid harus berperan untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi jamaah serta mewujudkan kesejahteraan umat.

Dalam sejarah Islam sejak zaman Rasulullah SAW, menurut Tommy, masjid bukan hanya tempat melaksanakan shalat berjamaah lima waktu dan shalat jumat, tetapi merupakan pusat kegiatan umat Islam. “Masjid memiliki fungsi dakwah, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan dalam arti luas. Yang tak kalah pentingnya adalah fungsi masjid dalam bidang ekonomi, yaitu memperhatikan kesejahteraan jamaah yang tidak mampu, sehingga masjid dapat dijadikan sebagai Taman Pengetahuan,” jelas dia.

Lebih lanjut dikatakan, pengurus masjid Roudhotul Ilmi STPI ini juga harus bisa menciptakan ikatan silaturrahim yang erat di antara jamaah masjid, sehingga membentuk suatu kesatuan sosial. “Dengan semangat kembali ke masjid, umat Islam harus saling mengasihi, melindungi, dan peduli satu sama lain,” kilah Tommy.

Melalui masjid Raudhotul Ilmi ini, papar Tommy, diharapkan gerakan amal ritual, gerakan amal sosial dan gerakan kultural akan bersatu padu dan berbasis di masjid yang digerakkan oleh nilai-nilai ‘ubudiyah atau pengabdian total kepada Allah SWT.

“Kita bersyukur bahwa kegiatan imaratul masjid telah mulai tampak dan berkembang di beberapa tempat di tanah air kita. Hal tersebut perlu ditingkatkan sebagai gerakan yang merata di tengah umat,” terang Tommy.

Masjid yang merupakan “rumah Allah” adalah tempat seorang muslim membersihkan hati dan pikiran dengan cahaya petunjuk Allah. “Mari kita ciptakan dan pelihara lingkungan masjid yang bersih dan sehat dengan partisipasi seluruh jamaah. Sulit dibayangkan masjid yang tidak bersih akan menjadi tempat membersihkan hati dan pikiran bagi jamaah yang berada di dalamnya,” tegas Tommy.(helmi)

loading...