Angkasa Pura 2

Tak Hanya Cruise, Arus Kapal Peti Kemas Juga Meningkat Di Pelabuhan Benoa

DermagaJumat, 8 Januari 2016
pelabuhan-benoa-bali

DENPASAR (BeritaTrans.com) – Jumlah kunjungan kapal pesiar dan kapal pengangkut peti kemas di Pelabuhan Benoa, Bali, mengalami kenaikan.

Sepanjang tahun 2015, tercatat 58 unit kapal pesiar singgah di pelabuhan yang dikelola Pelindo III ini. Jumlah tersebut meningkat sembilan unit dibanding tahun 2014.

General Manager Pelabuhan Benoa, Ali Sodikin mengatakan, tidak hanya kunjungan kapal, namun kunjungan penumpang juga mengalami kenaikan. Yakni dari 49.041 penumpang pada tahun 2014 menjadi 71.126 orang di tahun 2015.

“Meskipun secara unit kapal tidak naik dengan signifikan, namun kenaikan penumpang hampir mencapai 50% dari jumlah penumpang pada tahun 2014. Hal ini dikarenakan banyaknya kapal pesiar berukuran besar yang singgah di Pelabuhan Benoa sehingga dapat menampung lebih banyak penumpang,” ungkapnya.

Menurut data Pelindo III, dari 58 kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Benoa, sebanyak 22 unit sandar di Pelabuhan Benoa, sedangkan 36 unit haru berlabuh di alur perairan Pelabuhan Benoa. Hal ini dikarenakan dermaga kapal pesiar belum dapat memfasilitasi kapal yang panjangnya lebih dari 280 meter.

“Saat ini sedang berjalan pengerjaan perpanjangan 50 meter dermaga timur untuk kapal pesiar. Jika sesuai dengan rencana pada pertengahan tahun dermaga tersebut sudah selesai sehingga kapal yang panjangnya lebih dari 300 meter dapat sandar,” Ali menjelaskan.

Selain mempersiapkan perpanjangan dermaga kapal pesiar, saat ini Pelindo III juga tengah mempersiapkan layanan peti kemas jalur internasional yang rencananya dapat beroperasi pertengahan Januari 2016.

Dibukanya jalur internasional langsung ke Singapura dan Malaysia melalui Pelabuhan Benoa, diharapkan memberi berdampak positif pada pelaku ekonomi di Bali. (suaramerdeka).

loading...