Angkasa Pura 2

Menteri Bappenas Sofyan Djalil Kunjungi Pelra Dan Pelabuhan Sunda Kelapa

Dermaga SDMSabtu, 9 Januari 2016
Sofyan djalil

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri BBN/ Kepala Bappenas, Dr. Sofyan Djalil bekunjung dan naik ke Kapal-Kapal Pelayaran Rakyat di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Sabtu (9/1/2016).

“Sofyan datang dalam kapasitasnya sebagai Dewan Pembina mendampingi DPP Pelayaran Rakyat (Pelra),” kata Pakar Hukum DPP Pelra Dr.Chandra Motik kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Sabtu (9/1/2016).

Pelra merupakan asosiasi pengusaha dan pemilik kapal-kapal pelayaran rakyat, yang umumnya kapal kayu bermotor,

“Dalam kunjungan kerjanya itu, Sofyan Djalil meminta para pelaku usaha anggota Pelra tetap bekerja dan optimistis menghadapi tantangan kerja di tahun 2016,” jelas Chandra lagi.

“Kapal-kapal Pelra akan tetap dibutukan oleh rakyat Indonesia. Indonesia sebagai negara maritim, tak semua bisa dijangkau dan dilayani kapal-kapal niaga besarn” tukas Chandra.

“Di situlah kapal-kapal Pelra bisa mengambil peran dan tetap dibutuhkan. Kendati begitu, harus tetap mengutamakan aspek keselamatan dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi,” kata Sofyan Djalil menambahkan.

Seperti diketahui, Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi pelabuhan utama bagi kapal-kapal anggota Pelra saat sandar di Jakarta.

Sedangkan pangsa muatan kapal-kapal Pelra kebanyakan bahan kebutuhan pokok (sembako) bahan bangunan terutama semen. Itu komoditas utama dari Jakarta melalui Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sementara, saat datang dari luar Jawa kebanyakan membawa hasil hutan seperti kayu, rotan atau hasil perkebunan atau pertanian lainnya.(helmi)