Angkasa Pura 2

Jalur Ganda Kereta Palembang – Prabumulih Kelar 3 Bulan Lagi

EmplasemenSenin, 11 Januari 2016
2016-01-11 01.17.37

PRABUMULIH (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan pemasangan rel jalur kereta api ganda (double track) Palembang-Prabumulih, Sumatera Selatan, sudah rampung 50 km dari total 78 km, sehingga tiga bulan ke depan bisa selesai.

“Jika dilihat perkembangan terakhir ini, kira-kira paling cepat tiga bulan lagi selesai semua,” kata Jonan di Prabumulih dalam kunjungan kerjanya mengamati kemajuan proyek ini.

Ia mengatakan, setelah selesai pemasangan rel ini akan dilanjutkan dengan penyesuaian sampai tidak ada ganjalan, kemudian dilanjutkan dengan switch over.

“Sejauh ini saya melihat tidak ada kendala berarti lagi,” kata dia.

Pembangunan proyek ini sempat terganjal persoalan penyediaan lahan yang disebut Jonan sebagai kendala yang dihadapi pada pembangunan infrastruktur jalur kereta api di beberapa provinsi.

“Tantangannya pengadaan lahan karena banyak jalur baru yang dibuat, bukan memanfaatkan jalur yang ada sejak zaman Belanda,” kata dia.

Dia mengimbau masyarakat untuk mendukung penuh program infrastruktur dengan menjual tanah dengan harga wajar sehingga target pemerintah menyediakan jalur kereta api Trans Sumatera (Aceh-Lampung) terwujud pada 2018.

“Saat ini pekerjaan terus dilakukan, di antaranya jalur Binjai-Besitan yang sudah selesai 23 km dari total 80 km,” kata Jonan.

Menhub mengunjungi Sumsel untuk meninjau sejumlah pembangunan infrastruktur persiapan Asian Games ke-18 tahun 2018, yakni jalur kereta api ringan dalam kota (Light Rail Transit). (ant).

loading...