Angkasa Pura 2

Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Dioperasikan Mulai Awal Maret 2016

BandaraSenin, 11 Januari 2016
raker-beritatrans_Page_49

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Terminal baru Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, ditargetkan dapat digunakan pada awal Maret 2016.

“Kita upayakan akhir Februari atau awal Maret sudah bisa digunakan, karena memang sempat molor dari jadwal,” kata General Manager PT Angkasa Pura II, Dorma Manalu, kemarin.

Menurut Dorma, beberapa bagian pembangunan hanya tinggal finishing. Sedangkan bagian dalam tinggal pemasangan lift dan eskalator. Kedua item itu, lanjutnya, diperkirakan akan mulai dipasang bulan ini. “Kalau semuanya sudah ada, akan langsung dipasang,” katanya.

Lebih lanjut Dorma mengatakan, selain terminal baru yang akan dioperasikan terminal lama juga masih saat ini masih dalam tahap renovasi. Diperkirakan renovasi terminal lama akan memakan waktu empat bulan.

“Baru setelah semuanya selesai, kita resmikan. Ya kalau untuk terminal baru kalau sudah selesai paling kita cuma bikin nasi tumpeng saja lah,” ujarnya.

Menurut Dorma, terminal baru ini akan digunakan dulu untuk pelayanan rute domestik dan internasional. Terminal baru yang memiliki total luas mencapai 17 ribu meter persegi itu terdiri dari dua lantai. Sebagian lantai satu tampaknya akan digunakan untuk cek in dan lantai dua untuk calon penumpang menunggu giliran menuju pesawat.

Terminal baru yang biaya pembangunannya mencapai Rp 174 miliar ini, nantinya akan menambah data tampung bandara. Jika terminal lama hanya mampu menampung 500 ribu orang pertahun, daya tampung terminal baru ini bisa menampung 3 juta orang per tahun. Dalam sehari bandara tersebut melayani 80-90 penerbangan.

Dia menambahkan, dengan direnovasinya Bandara Husein menegaskan bahwa ini tidak akan ‘mati’ usai nantinya akan diaktifkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka. Kebutuhan bandara akan sangat dibutuhkan di tengah meningkatnya aktivitas masyarakat.

“Saya kira walaupun BIJB beroperasi, Husein tetap jalan. Bisa hidup dua-duanya, karena penduduk di Jabar juga ‘kan banyak,” pungkasnya. (Mdk)

loading...
  • Dani

    Alhamdulillah.. mudah2an ada yg ke dempasar bali biar bs mudik langsung ke pbg.