Angkasa Pura 2

Lion Akan Datangkan 4 Simulator Airbus & Boeing

KokpitRabu, 13 Januari 2016
2016-01-11 18.55.33

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Lion Group melalui anak usaha PT Angkasa Super Service (ASS) yang mengelola pusat simulasi dan training, Angkasa Training Center (ATC), akan mendatangkan empat unit simulator pesawat pada tahun ini.

Keempat simulator tersebut terdiri atas jenis ATR72-600 (satu unit), Airbus A320 Neo (satu unit), serta dua unit simulator Boeing 737. Lion menyiapkan USD8-USD11 juta per unit untuk pembelian alat tersebut.

”Lion Group termasuk maskapai yang paling siap di Indonesia mendukung sumber daya pilot agar memenuhi standar penerbangan,” kata General Manager ATC Capt Dibyo Soesilo di Tangerang, Banten, kemarin.

Dia menjelaskan, simulator tersebut nantinya akan digunakan seiring dengan hadirnya armada pesawat penumpang baru yang didatangkan Lion Group hingga 2028. Saat ini jumlah pesawat Lion Group yang dioperasikan melalui Lion Air, Wings Air, serta Batik Air mencapai 191 unit dengan rincian Lion Air sebanyak 110 pesawat (Boeing dan Airbus), Batik Air 33 pesawat (Boeing- Airbus), serta Wings Air sebanyak 48 pesawat (ATR).

”Dengan armada yang besar, tentu dari sisi kesiapan pilot selalu kita upgrade di ATC,” ucap dia. Dalam rangka mendatangkan alat simulator, Lion Group menandatangani perjanjian kerja sama dengan pabrikan pesawat seperti Boeing, ATR, maupun Airbus. Saat ini rata-rata pilot yang mengambil pendidikan pada simulasi ATC mencapai ratusan orang yang berasal dari sekolah penerbangan Lion Group, melalui Angkasa Aviation Academy dan pilot internal Lion. (okz).