Angkasa Pura 2

Pakar: Keselamatan Transportasi Kurang Sosialisasi Bahkan Diabaikan

KoridorWednesday, 13 January 2016

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Masalah keselamatan transportasi khususnya di jalan raya masih kurang. Kepedulian dan kesadaran masyarakat akan keselamatan masih rendah.

“Tugas pemerintah untuk melakukan sosialisasi dan mengedukasi ke masyarakat,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang, Djoko Setijowarno, ST, MT kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Sejauh ini, lanjut dia, masih kurang sosialisasi. “Pemerintah justru masih disibukkan denhgan aktivitas membangun jalan,” jelas Djoko lagi.

Sebaliknya, masalah keselamatan di jalan raya khususnya masih kurang perhatian jika tak mau disebut agak mengabaikan.

Indikasi lainnya, menurut Djoko, lihat saja ketika Pemerintah membangun jalan. “Tidak sedikit proyek jalan raya yang kurang bahkan tidak memenuhi aspek keselamatan jalan,” papar pakar transportasi dari MTI Jawa Tengah itu.

“Banyak proyek pembangunan jalan yang tidak menggunakan pedoman standar keselamatan. Padahal, ini proyek pembangunan jalan untuk masyarakat umum,” kilah Djoko.

Sebaliknya, tambah Djoko, banyak kasus pembangunan jalan yang penting anggaran habis.

“Selanjutnya di akhir tahun bagi-bagi bonus. Akibatnya keselamatan transportasi terabaikan dan banyak korban meninggal sia-sia di jalan,” tegas Djoko.(helmi)