Angkasa Pura 2

Ditkappel Monitoring dan Evaluasi Layanan Pendaftaran Kapal Online

DermagaJumat, 15 Januari 2016
Sugeng-Wibowo

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkappel) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi layanan pendaftaran kapal secara online. Kegiatan ini berlangsung sejak Rabu hingga Jumat (13-15/1/2016).

Direktur Perkapalan dan Kepelautan (Dirkappel) Ditjen Hubla Sugeng Wibowo dalam sambutan pembukaannya mengatakan, kegiatan monitoring dan evaluasi penerapan aplikasi pendaftaran kapal secara online sebagai upaya menjawab tuntutan masyarakat terhadap perkembangan teknologi dan informasi untuk mempercepat pelayanan, khususnya bidang pendaftaran kapal.

“Dengan monitoring dan evaluasi ini diharapkan Kementerian Perhubungan dapat semakin mempercepat pelayanan terhadap para pemilik kapal dalam melakukan proses pendaftaran kapal miliknya sehingga mereka mendapatkan grosse akta pendaftaran sebagai bukti kepemilikan kapal,” kata Sugeng Wibowo melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Kepada para peserta monitoring dan evaluasi, Sugeng meminta agar mereka mampu menyerap sekaligus mempraktikan aplikasi tersebut.

“Sehingga saudara-saudara dapat menerapkan aplikasi tersebut di unit kerja masing-masing,” katanya.

Ketua Panitia Monitoring dan Evaluasi Abdi Sabda mengatakan, peserta kegiatan ini terdiri dari 43 pelabuhan yang ditunjuk sebagai tempat pendaftaran kapal secara online sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 13 Tahun 2012 tentang Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal.

Sedangkan kegiatan tersebut berdasarkan Peraturan Dirjen Hubla No. PK. 101/1/4/DJPL-13 tertanggal 28 Maret 2013. Tentang Pelaksanaan Penyelenggaraan Kelaiklautan Kapal, serta Surat Direktur Perkapalan dan Kepelautan No. UM.003/1/6/DK-1/ tertanggal 5 Januari 2016 Tentang Pemanggilan Peserta Monitoring dan Evaluasi Peneraopan Aplikasi Pelayanan Pendaftaran Kapal Online.

“Materi yang dibahas dalam kegiatan ini adalah tentang penerapan aplikasi pelayanan di bidang penyelenggaraan dokumentasi dan informasi pendaftaran dan kebangsaan kapal, ” kata Abdi yang juga menjabat sebagai Kasubdit Pengukuran, Pendaftaran, dan Kebangsaan Kapal ini. (aliy)