Angkasa Pura 2

KPK: Anggota Komisi V DPR Damayanti Terima Suap Proyek Jalan Di Ambon

KoridorMinggu, 17 Januari 2016
dwp-pdip_20160114_072304

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Suap yang diterima anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDIP Damayanti Wisnu Putranti diduga terkait proyek jalan yang akan digarap Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat tahun 2016.

Chief Executif Officer (CEO) PT Windhu Tunggal Utama (WTU) Abdul Khoir diduga menyuap Damayanti untuk mengamankan proyek jalan di Ambon, Maluku.

“Proyek jalan di Ambon,” kata Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andrianti saat dikonfirmasi melalui pesan singkat yang dikutip tribunnews, Minggu (17/1/2016).

Suap itu merupakan ‘ijon’ agar bisa dikerjakan PT Windhu Tunggal Utama.

Informasi dihimpun Tribun, nama Abdul Khoir memang sudah tenar di kalangan pengusaha jasa konstruksi di Provinsi Maluku.

Bahkan Khoir dikenal sebagai ‘raja’ proyek jalan di Maluku.

Abdul Khoir juga disebut-sebut jago melobi.

Karenanya, perusahaan milik Abdul Khoir bisa memonopoli proyek-proyek di BBPJN wilayah Maluku dan Maluku Utara, hampir 10 tahun terakhir.

Proyek-proyek jalan yang telah dikerjakan perusahaan Abdul Khoir tersebar dari Kabupaten Maluku Tenggara hingga Pulau Seram yang meliputi Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur.

Selain di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, PT Windhu Tunggal Utama juga memiliki kantor di Jalan Angsana, RT 03 RW 05 kawasan Aster, Kelurahan Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Kantor tersebut tidak jauh dari pusat perbelanjaan modern, Maluku City Mall (MCM).

KPK sendiri telah menggeledah kantornya di kawasan Blok M itu pada Jumat (15/1/2016).

Seiring itu penyidik juga telah menggeledah kantor Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU dan Pera di Kebayoran Baru, serta tiga ruangan kerja Damayanti, Budi Supriyanto Fraksi Partai Golkar, serta Yuddy Widiana Adia Fraksi Partai Keadilan Sejahtera di komplek parlemen.

Dari penggledahan itu penyidik mengamanan sejumlah dokumen dan elektronik (Harddisk).

Kini barang yang telah diamankan itu tengah didalami penyidik KPK.

KANTOR DAMAYANTI
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan ruang kerja Anggota Komisi V dari PDIP Damayanti Wisnu Putranti.

Penyidik mendatangi Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, sekitar pukul 10.49 WIB, Jumat (15/1/2016).

Salah seorang staff yang enggan disebut namanya menuturkan penyidik sedang berada di Lantai 6 Gedung Nusantara I. Ruang kerja Damayanti bernomor 0621.

“Iya (ada penggeledahan) di lantai 6,” kata staff tersebut.

Selain menggeledah ruangan Damayanti, lembaga anti rasuah itu juga akan melakukan penggeledahan di ruang 1331.

Ruang tersebut ditempati Anggota Komisi V DPR dari Fraksi G‎olkar Budi Supriyanto.

“Iya melakukan penggeledahan, tapi sekarang masih di lantai 6,” imbuhnya.‎(tiwfa).

loading...