Angkasa Pura 2

Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta Dirancang Menjadi Terminal Transit

BandaraRabu, 27 Januari 2016
Terminal 3 Ultimate

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta, (Soetta) Tangerang, dirancang untuk terminal transit sejumlah penerbangan internasional.

Selama ini, bandara yang sering dijadikan tempat transit adalah Bandara Kuala Lumpur di Malaysia dan Bandara Changi di Singapura.

“Kami harapkan Terminal 3 Ultimate jadi tempat transit juga seperti di Singapura. Selama ini, Soekarno-Hatta kan jadi end point. Kalau mau ke Australia, biasanya harus ke Singapura dulu, baru ke sana,” kata Budi di Tangerang, Rabu (27/1/2016).

Budi memberi contoh, penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta yang ingin ke Australia harus terbang dulu ke Singapura.

Jika Terminal 3 Ultimate menjadi terminal transit, maka untuk ke Australia, penumpang bisa menghemat waktu kurang lebih sampai empat jam.

“Untuk transit saja bisa sampai satu jam. Jadi, kalau harus ke Singapura, makan waktu sampai lima jam,” tutur Budi.

Secara terpisah, Public Relation Manager PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengungkapkan, tidak ada mekanisme tertentu untuk menjadikan sebuah bandara sebagai tempat transit penerbangan internasional.

Hal yang dibutuhkan hanyalah fasilitas, sarana, dan prasarana yang memadai sebagai tempat transit.

Jika fasilitas sudah memadai, pihak bandara akan berkomunikasi dengan maskapai penerbangan internasional dan menawarkan agar mau transit di Terminal 3 Ultimate.

Yado mengatakan , dari sisi pelayanan tentu harus mempunyai standar seperti bandara transit lain, guna menarik pihak maskapai.

“Kita bisa pakai beberapa macam tawaran, seperti free landing, diskon atau promosi lainnya. Yang penting gimana caranya airline mau transit di sini,” ujar Yado.

Terminal 3 Ultimate murni dirancang oleh arsitek asal Indonesia. Sekilas pandang, bangunan berukuran 422.804 meter persegi itu mirip dengan bentuk bangunan Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Bandara ini memiliki karakteristik yang memiliki kaca sehingga membuatnya terlihat lebih modern.

Berbagai fasilitas baru akan disiapkan di Terminal 3 Ultimate, seperti dua jalur untuk pengantar dan penjemput penumpang seperti di Terminal 2. Selanjutnya gedung parkir berkapasitas ribuan kendaraan, sarana transportasi antarterminal yang disebut people mover system, penanganan bagasi otomatis dengan baggage handling system, dan lainnya.(hel/komp)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari