Angkasa Pura 2

Pemprov Jakarta Janji Tingkatkan Layanan Transportasi Warga Kepulauan Seribu

Dermaga KoridorKamis, 28 Januari 2016
2016-01-29 00.36.06

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berjanji akan meningkatkan pelayanan transportasi dan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu. Hal itu didasari karena masyarakat daerah Teluk Jakarta ini dinilai masih lebih rendah dibandingkan wilayah lain di Ibukota Jakarta.

“Saat ini (Pemprov DKI Jakarta) sedang berupaya untuk membuat setiap warga yang memiliki KTP Kepulauan Seribu dapat menikmati layanan transportasi laut ke Jakarta gratis,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai mendampingi Menhub Ignasius Jonan meresmikan KM Sabuk Nusanara 46 di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, Kamis (28/1/2016).

“Kami ingin pemegang KTP Pulau seribu bisa bolak balik ke Jakarta tanpa perlu bayar. Bila perlu Bus Transjakarta juga masuk aja ke sini (Pelabuhan Sunda Kelapa), dan gratis juga buat warga yang memiliki KTP Kepulauan Seribu,” tambah Ahok.

Dia menambahkan tingkat kemiskinan di Kepulauan Seribu paling tinggi dibandingkan dengan daerah lain. “Kita memang sedang mengusahakan Kepulauan Seribu untuk maju. Tingkat kemiskinan di Kepulauan seribu mencapai 25 persen, paling tinggi dibandingkan daerah lain,” kilah Ahok.

KM Sabuk Nusantara 46 dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Kepualauan Seribu ini diharapkan bisa ikut mendorong pembangunan ekonomi daerah serta kesejahteraan amsyarakat Kepulauan Seribu, yang mendiamil ima kelurahan di daerah Teluk Jakarta itu.

Hari ini Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan pengoperasian kapal perintis KM Sabuk Nusantara 46. Kapal tersebut akan dioperasikan oleh PT Pelni untuk melayani masyarakat di Kepulauan Seribu.

Kapal perintis ini mampu mengangkut maksimal 225 penumpang serta 100 ton barang. Dengan adanya kapal yang melayani masyarakat secara reguler, diharapkan bisa memperlancar transportasi dan distribusi barang dan jasa ke Kepulauan Seribu. Pada akhirnya bisa menekan perbedaan harga antara Jakarta dengan warga Kepulauan Seribu.(helmi)