Angkasa Pura 2

Sugihardjo: Penghapusan Gerbang Tol Cikopo Agar Sebelum Mudik Lebaran Tahun 2016

KoridorRabu, 3 Februari 2016
IMG-20160203-WA0003

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengharapkan penghapusan gerbang tol Cikopo direalisasikan sebelum penyelenggaraan mudik Lebaran tahun 2016.

“Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan operator jalan tol diharapkan segera memfinalisasi solusi berbagai hambatan dalam penghapusan gerbang tol tersebut,” ungkap Plt. Dirjen Perhubungan Laut Sugihardjo kepada BeritaTrans.com dan tabloid BeritaTrans, Rabu (3/2/2016).

Dia mengemukakan mengenai harmonisasi transaksi tol dalam konteks bisnis antara PT Jasa Marga selaku pengelola Jalan Tol Cikampek dan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) sebagai pengelola Jalan Tol Cipali semestinya tidak menjadi hambatan karena sebagai institusi bisnis kedua operator jalan tol itu memiliki kemampuan untuk menyelesaikan dalam waktu cepat.

Prinsipnya, mantan Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat dan Ketua Sekolah Tinggi Transportasi Darat itu mengemukakan Kemennhub meminta agar masalah bisnis jangan menjadi hambatan kualitas pelayanan kepada publik.

“Bapak Menteri Perhubungan pernah menyampaikan hal itu saat rapat kerja dengan Komisi V DPR. Alhamdulillah, Komisi V DPR sependapat dengan sikap Kemenhub,” ujar Sekjen Kemenhub tersebut.

Sugihardjo mengutarakan berdasarkan pengamatan lapangan, data dan kajian komperhensif, gerbang tol Cikopo menjadi bottle neck (penyempitan) arus lalu lintas di Tol Cikampek dan Tol Cipali.

“Saat Lebaran dan liburan panjang tahun baru kemarin memperlihatkan fakta terjadi penumpukan kendaraan sehingga berbuntut panjang hingga ke Jakarta. Penumpukan ini karena proses transaksi pembayaran tol dan pengambilan kartu tol,” tuturnya.

Padahal transaksi pembayaran bisa diselesaikan di pintu masuk atau pintu ke luar Tol Cikampek dan Tol Cipali. “Sudah banyak bukti penghapusan gerbang tol dengan mengalihkan transaksi di pintu masuk. Contoh tol Cikampek di ruas Bekasi Barat hingga Cikarang. Juga di tol bandara,” ujarnya. (awe).

loading...