Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi Minta Tarif Tol Jembatan Surmadu Turun 50%

KoridorKamis, 4 Februari 2016
Tol Suramadu

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pemerintah memutuskan menurunkan tarif tol jembatan Suramadu sebesar 50 persen untuk kendaraan roda empat dari dan menuju Surabaya.

“Presiden minta ini diturunkan, kalau bisa lebih rendah dari 50 persen,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Saat ini tarif tol jembatan Suramadu untuk ukuran truk besar sebesar Rp90 ribu, truk sedang Rp60 ribu, dan mobil sedan sebesar Rp30 ribu.

Namun demikian, angka penurunan tarif yang meliputi truk berukuran besar, truk sedang dan mobil sedan itu masih digodok pemerintah. Pramono menuturkan, semula Presiden berencana membebaskan tarif tol Suramadu namun kesepakatan berujung pada penurunan tarif transportasi hingga 50 persen.

“Tadi perdebatannya kalau bisa diturunkan apakah digratiskan. Akhirnya diputuskan untuk diturunkan dengan berbagai pertimbangan,” ungkapnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengapresiasi keputusan tersebut. Dia berharap penurunan ongkos transportasi tol di Jembatan Suramadu berimbas pada penurunan harga barang di Madura.

“Sehingga competitiveness produk-produk di Madura jadi rendah. Saya kira ini keputusan yang bagus,” tandas Pramono.(hel/metro)

loading...