Angkasa Pura 2

Diduga Angkut Uranium Dari Iran, Kapal Ocean Carrier Kandas Di Batam

DermagaJumat, 5 Februari 2016
2016-02-05 15.28.21

BATAM (BeritaTrans.cpm) - Kapal kargo berbendera China kandas di perairan Pulau Sambu, Batam, Kepulauan Riau. Kapal ini diduga juga mengangkut uranium, yang merupakan bahan bakar nuklir.

Dugaan sementara, kapal kandas setelah menghindari tabrakan dengan kapal tunda yang menggandeng tongkang yang sedang berlayar dari Batam menuju Singapura.

Kapal MV Ocean Carrier yang terdampar di Pulau Sambu, dijaga aparat TNI AL dan petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dari Kantor Pelabuhan Laut Batam. Kapal asal China ini dinahkodai oleh Huang Ha bersama 22 anak buah kapal (ABK).

Kapal tersebut dari Iran menuju China. Kapal membawa pasir besi dan diduga juga memuat uranium. “Sampai saat ini kami masih menyelidiki penyebabkapal kandas. Pihak terkait juga sedang menyelidiki dugaan adanya uranium,” ujar Kepala KPL Pos Pulau Sambu, Rudi Wijanarko, sepetti dikutip okezone, Jumat (5/2/2016).

Sementara dari hasil pemeriksaan fisik kapal berbobot ribuan ton itu, tak terpantau adanya kebocoran. Namun untuk menarik kapal tersebut dari lokasi masih belum bisa dilakukan mengingat stabilitas kapal tengah dicek.

Belum diketahui kapan Kapal MV Ocean Carrier ini akan ditarik dari lokasi kandasnya. Pihak Kantor Pelabuhan Laut masih menunggu pemilik kapal MV Ocean Carrier terkait evakuasi. (okz).

loading...