Angkasa Pura 2

Mulai Dioperasikan, Pelabuhan Kendal Layani Kapal Angkut Logistik

DermagaMinggu, 7 Februari 2016
2016-02-07 07.37.44

KENDAL (BeritaTrans.com) – Dibangun tahun 2006 Pelabuhan Penyeberangan Kendal di Kecamatan Kaliwungu diharapkan bisa menjawab tantangan Presiden Joko Widodo dengan konsep tol lautnya.

Karena menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Subarso, kapal seperti yang dioperasikan untuk melayani rute Kendal – Kumai pp dengan KMP Kalibodri itu sangat cocok untuk angkutan logistik antarpulau.

“Karena sebenarnya ini adalah wujud coastal shipping sebagai embrio dari konsep tol lautnya presiden. Jadi kelak semua angkatan logistik dari semen sampai besi baja antarpulau akan dilayani dengan kapal yang berkapasitas 5.000 ton, bahkan lebih,” kata Subarso disela acara pemberangkatan KMP Kalibodri, Sabtu (6/2).

Coastal shipping sendiri merupakan program pengangkutan barang dan jasa yang menggunakan sarana pengangkutan laut dengan cara menyusuri garis pantai dari pelabuhan asal hingga pelabuhan tujuan.

Jika coastal shipping ini sudah terwujud, akan sangat membantu pihak swasta dalam pengiriman barang dengan biaya yang relatif lebih murah ketimbang melalui angkutan darat.

“Bisa membayangkan bagaimana kondisi infrastruktur jalan darat akan hancur karena beban kendaraan berat yang tiap hari mengangkut ribuan ton barang,” tutup Subarso. (ani/sumber: suaramerdeka).