Angkasa Pura 2

Libur Imlek, Stasiun Gambir Dipadati Penumpang

EmplasemenSenin, 8 Februari 2016
Stasiun_Gambir_beritatrans

JAKARTA (beritatrans.com) – Pengguna jasa kereta api memadati stasiun Gambir sejak pagi pada libur panjang akhir pekan yang juga bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada Senin (8/2/2016).

Sejak pagi hingga siang pengguna jasa kereta api masih ramai menunggu di lobi dekat pintu masuk selatan stasiun Gambir. Meski, banyak yang sudah berangkat, namun pengunjung juga masih berdatangan.

Sejumlah orang mengantre untuk mencetak tiket. Mereka bepergian bersama keluarga dan teman. Sejumlah pengguna jasa kereta api juga membawa balita.

Tempat duduk di lobi tak cukup bagi para pengguna jasa yang menunggu kedatangan kereta. Banyak dari mereka berdiri di lobi maupun di luar lobi untuk menunggu informasi keberangkatan kereta.

Salah satu pengguna jasa kereta api, Mariati (60) asal Surabaya menunggu di lobi pintu masuk selatan stasiun. Ibu yang memiliki satu anak ini memesan tiket kereta dengan tujuan Bandung, yang berangkat pukul 10.15 WIB dan sudah ada di stasiun sejak pukul 08.50 WIB.

Dia pergi bersama adik dan dua cucunya. Dia memperkirakan perjalanan yang dilalui membutuhkan waktu tiga jam.

“Kumpul-kumpul keluarga selagi libur anak sekolah dan kuliah,” kata perempuan yang memiliki 15 saudara kandung itu seperti diceritakan Antara.

Sementara, pengguna jasa lain, Kristin (31) melakukan perjalanan menuju Tegal pada pukul 11.00 WIB, yang menurut perkiraannya akan membutuhkan 4-5 jam untuk sampai di tempat tujuan.

“Ini memang benar-benar ramai dibandingkan hari biasa, mungkin karena “long weekend” (libur akhir pekan yang panjang) ya lumayan libur apalagi buat yang kerja,” katanya saat menunggu kereta sejak pukul 10.00 WIB.

Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Bambang S Prayitno mengatakan, lonjakan penumpang sudah terjadi mulai tanggal 4-6 Februari 2016. Penumpang kereta api didominasi dengan tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Bambang mengatakan, menyambut Tahun Baru Imlek 2567, PT KAI memberikan promo tiket untuk beberapa kereta api keberangkatan dari wilayah Daop 1 Jakarta.

Program promo tiket Gong Chi Fa Chai itu berlaku untuk pemesanan dan keberangkatan tanggal 8-29 Februari 2016 di 15 kereta api komersial berbagai kota tujuan di Jawa.

“Dalam program ini, pengguna jasa kereta api dapat menikmati tarif spesial yang lebih murah hingga 20 persen,” katanya.

Untuk mendapatkan tiket promo, masyarakat dapat memesan tiket di loket penjualan di stasiun dalam jaring (“online”), menghubungi kontak pusat 121, melalui jaringan luar penjualan tiket PT KAI, akses aplikasi KAI, dan pemesanan lewat internet. (aliy)