Angkasa Pura 2

Kapal Penyeberangan Ulee Lheue-Sabang Tak Beroperasi, Ribuan Calon Penumpang Terlantar

DermagaRabu, 10 Februari 2016
tujuan-sabang-mengantre

SABANG (BeritaTrans.com) – Cuaca buruk yang melanda perairan Balohan, Sabang, menyebabkan sejumlah kapal penyeberangan Ulee Lheue-Sabang tidak beroperasi. Akibatnya ribuan penumpang dan ratusan kendaraan menumpuk di pelabuhan karena tidak dapat terangkut.

Ribuan calon penumpang tersebut rata-rata merupakan para pelancong dari luar daerah yang datang untuk berwisata ke Sabang, Aceh. Mereka tertahan sejak kemarin sore. Proses penyeberangan baru bisa dimulai siang hari ini dan secara bertahap.

Iwan, salah seorang calon penumpang mengatakan sudah mengantre di pelabuhan sejak kemarin sore. Akibat cuaca buruk, dia terpaksa menunda berangkat dan harus bermalam di pelabuhan.

Hal yang sama juga disampaikan Dimas, calon penumpang asal Medan. Hingga siang tadi, dia bersama temannya belum bisa naik ke kapal karena antrian panjang kendaraan di pelabuhan tersebut.

“Kita tunggu saja. Katanya ada kapal sore nanti,” kata Dimas, Selasa (9/2/2016).

Kepala Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Misdariyanto, mengatakan akibat cuaca buruk tersebut dua kapal ferry yaitu Expres Bahari dan Cantika Express tidak beroperasi. Begitu juga dengan kapal lambat BRR serta kapal penyeberangan Roro.

“Para penumpang akan kita angkut hari ini dan tiketnya masih berlaku,” ungkapnya.

Misdariyanto belum bisa memastikan apakah ada penambahan jadwal kapal untuk mengangkut para penumpang ini. Dia mengatakan masih harus memastikan kondisi gelombang dan cuaca. Namun dia akan mengupayakan agar seluruh calon penumpang dapat diberangkatkan ke Sabang.

“Kita utamakan penumpang dan truk yang mengangkut sembako untuk diseberangkan,” ujarnya. (metrotv).

loading...