Angkasa Pura 2

Bidik Wisatawan, Pelni Akan Beli Kapal Cruise Senilai Rp250 Miliar

Another NewsKamis, 11 Februari 2016
Elfien Guntoro2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) tak pernah berhenti melakukan inovasi dan mencari terobosan bisnis yang lebih menjanjikan. Setelah lama bergelut dengan angkutan penumpang kapal laut, kini BUMN pelayaran itu akan membidik angkutan pariwisata.

Pelni pun berencana akan membeli satu unit kapal pesiar (cruise) tahun ini. Investasinya mencapai ratusan miliar rupiah. Investasi itu berasal dari kas perusahaan serta pinjaman pihak ketiga.

“Investasinya Rp250 miliar,” kata Direktur Utama PT Pelni, Elfien Goentoro di sela-sela acara ‘Marine and Fisheries Business and Investment Forum’ di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Saat ini, Pelni mengoperasikan puluhan kapal penumpang besar dan kecil, yang melayani ratusan rute di seluruh Tanah Air. Belakangan, pelni kembali mendapatkan kepercayaan negara untuk menjadi operator kapal-kapal perintis, yang sebagian besar ada di kawasan Timur Indoensia (KTI)

Selanjutnya Elfien menambahkan, sekitar 20 persen investasi kapal cruise itu berasal dari modal internal. Sedangkan sisanya, akan dicari dari pinjaman. “Salah satunya, mencari pinjaman lunak,” katanya seperti dikutip viva.co.id.

Kapal cruise tersebut akan berkapasitas 300 orang. Nantinya, kapal yang dibeli merupakan kapal cruise bekas, atau kapal yang telah dimodifikasi.

Elfien menjelaskan, kapal cruise ini bertujuan untuk mendukung wisata bahari. Adapun tujuan wisata bahari yang dilayari Pelni adalah Raja Ampat, Wakatobi, Karimun, Labuan Bajo, dan Derawan.(hel/viva)

loading...