Angkasa Pura 2

Berlayar Tak Ada SPB, PLP Tanjung Priok Tangkap MT Kraton

DermagaJumat, 12 Februari 2016
IMG-20160212-WA017_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) atau Sea And Coast Guard Kelas I Tanjung Priok mengamankan kapal tanker MT Kraton yang berlayar tanpa mengantongi Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dan seluruh dokumen kapalnya kadaluwarsa. Demikian dikatakan Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Kolonel Laut Ir. Akhmad Soedarto, MT kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Akhmad_Soedarto

Akhmad Soedarto mengatakan, operasi penangkapan MT Kraton yang berbendera Indonesia itu dilakukan oleh Kapal Patroli Kelas I KN Trisula P.111 yang dinakhodai Capt. Handry Sulfian.

MT_Kraton_ABK

“Saat ini posisi kapal MT Kraton sudah ditarik dan sandar di dermaga Pangkalan PLP Tanjung Priok untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut,” kata Akhmad Soedarto.

KN_Trisula

Berdasarkan laporan nakhoda KN Trisula P.111 Handry Sulfian, Akhmad Soedarto mengatakan, aksi penangkapan MT Kraton dilakukan di perairan Bojonegara, Banten pada Kamis (4/2/2016) pukul 06.57 WIB. Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Bojonegara. Saat penangkapan, posisi MT Kraton berada di 05.51.501 S/106.11.807 E.

MT_Kraton

Akhmad Soedarto menegaskan, pihaknya akan mengambil langkah tegas bila hasil penyidikan nanti MT Kraton benar-benar berlayar tanpa dilengkapi dengan dokumen pelayaran dan dokumen kapal yang sah. Hal itu sebagai wujud penegakan hukum di laut yang menjadi tugas utama KPLP sebagaimana diamanatkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit. Bahkan Direktur KPLP Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Capt. Karolus Geleuk Sengadji juga telah berulangkali mengingatkan agar seluruh personel KPLP untuk bersikap tegas terhadap potensi pelanggaran hukum di laut.

MT_Kraton_Nakhoda

“Saya menjamin akan memberikan sanksi tegas kepada MT Kraton sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” katanya. (aliy)