Angkasa Pura 2

Pengoperasian Jalur KA Bandung – Cianjur Terancam Tanah Longsor

EmplasemenSabtu, 13 Februari 2016
rel-cianjur-bandung1

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Rencana pengoperasian jalur kereta api Cianjur-Bandung oleh PT KAI Daop II Bandung, terancam ditunda karena sejumlah faktor.

Humas PT KAI Daop II Bandung, Junervin, mengatakan, salah satunya faktor alam dan teknis menjadi kendala pengoperasian transportasi massal itu karena pihaknya tidak akan memaksakan jika lintasan belum sepenuhnya aman untuk dilintasi lokomotifkereta api.

“Sejumlah titik masih terjadi pergeseran terutama di lokasi jembatan Cisokan, Sukaluyu-Cianjur. Tentunya ini menjadi perhatian serius kami sebelum kereta api di jalur Cianjur-Bandung, dioperasikan,” katanya saat dihubungi, Jumat (12/2/2016).

Faktor teknis, okezone merilis seperti ancaman tanah longsor di beberapa titik perlintasan menjadi pertimbangan pihaknya sebelum membuka jalur. Namun lebih jelas, tambah dia, kaitan dengan rencana pembukaan jalur ini menjadi kewenangan Dirjen Perhubungan.

Pihaknya berharap rencana pembukaan jalur KA Cianjur-Bandung, terealisasi untuk menggenapkan jalur yang sudah ada, Cianjur-Sukabumi.”Tapi kendalanya banyak faktor yang harus kita perhatikan dulu karena keselamatan penumpang tentunya menjadi prioritas utama dalam bisnis transportasi ini,” katanya.

Sementara Maharaya Akbar (36) seorang warga Cianjur, berharap, jalur KA Cianjur-Bandung, segera direalisasikan karena dia menilai dengan beroperasinya kereta api dapat menjawab permasalahan macet yang saat ini semakin menjadi di sepanjang jalur di Cianjur.

“Harapan kami secepatnya direalisasikan karena ini akan menjadi transportasi andalan warga untuk bepergian. Cianjur sudah menjadi kota macet seperti kota lain, terlebih sejak berdirinya sejumlah pabrik di jalur Cianjur-Bandung,” katanya. (okz).