Angkasa Pura 2

Anak Buah Menteri Susi Tangkap 7 Kapal Malaysia Garong Ikan

Dermaga Kelautan & PerikananMinggu, 14 Februari 2016
20151018052225-susi

BATAM (BeritaTrans.com)  - Sebanyak 7 kapal penggarong ikan berbendera Malaysia diamankan oleh Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) kementerian Kelautan dan Perikanan, Minggu (14/2/2016).

Kapal tersebut, diamankan di perairan teritorial Indonesia tepatnya di selat Malaka.

Bersama kapal tersebut, anak buah Menteri Susi Pudjiastuti juga mengamankan 36 anak buah kapal (ABK). Selain itu, juga diamankan sembilan unit alat tangkap ikan berupa trawl dan tujuh unit GPS serta tujuh unit alat navigasi serta 10 ton ikan berbagai jenis hasil tangkapan mereka.

Kepala PSDKP Batam, Akhmadon mengatakan, ketujuh kapal ini tertangkap tangan oleh kapal KKP yang sedang beroperasi. Dalam penangkapan ini pihaknya berhasil mengamankan 36 ABK asal Indonesia. “Ketujuh kapal ini kita amanakan, sedang diserah terimakan kepada PSDKP Batam untuk proses hukumnya,” kata Akhmadon, Minggu (14/2/2016).

Kejadian ini menambah daftar banyaknya kapal asing yang ditangkap oleh petugas. Sebelumnya pada Tahun 2015, PSDKP menangkap kapal pencuri ikan sebanyak 20 kapal, terdiri dari kapal Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Dia menegaskan tidak ada keringanan hukum bagi WNI yang telah melanggar Undang-Undang (UU) Perikananan.

“Saya pikir semua kemungkinan ada, berbagai rezim dengan modus yang ada ingin mencuri ikan di perairan Indonesia. Tidak memilah, walaupun WNI ancaman di atas lima tahun,” katanya.

Di tempat yang sama, Kapten KP Hiu 13, Irzal Kadir mengatakan, para pelaku berusaha kabur dengan cara momotong jaring. “Merekap berusaha kabur masuk perairan Malaysia. Pantauan radar cukup ramai, hanya tujuh yang berhasil ditangkap,” ujar Irzal. (anky).

loading...