Angkasa Pura 2

PT Pelni Optimistis Dapatkan ABK Untuk Operasikan 5 Unit Kapal Khusus Ternak

DermagaSenin, 15 Februari 2016
KM Camara Nusantara 1_beritatrans

BATAM (beritatrans.com) – PT Pelni mengaku siap dan optimistis bisa menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) atau Anak Buah Kapal (ABK) untuk mengoperasikan 5 unit kapal khusus angkutan ternak yang akan selesai dibangun pada tahun 2017 mendatang. Pelni akan merekrut ABK dari berbagai lembaga pendidikan pelayaran, baik yang berstatus milik pemerintah maupun swasta.

“Sebagai perusahaan yang diberi tugas oleh Presiden untuk mengoperasikan kapal-kapal khusus ternak, kami siap menyediakan ABK,” kata Direktur Tekni PT Pelni OM Sodikin kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans usai acara peletakan lunas atau keel laying 5 unit kapal ternak di galangan PT Bahtera Bahari Shipyard (BBS) Batam, Senin (15/2/2016).

Sodikin mengatakan, setiap kapal ternak akan diawaki oleh sekitar 20 ABK. Sehingga untuk 5 unit kapal berarti hanya membutuhkan sekitar 100 ABK.

“Untuk mendapatkan ABK sebanyak itu saya yakin tidak sulit. Lembaga pendidikan pelayaran milik pemerintah saja sedikitnya ada 9 yang tersebar dari Aceh hingga Sorong, Papua,” katanya.

Menurutnya, ABK yang agak sulit didapatkan hanya untuk level perwira seperti nahkoda dan perwira mesin atau KKM. Tetapi jumlah yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Hanya sekitar dua orang untuk satu kapal.

“Tetapi kalau ABK untuk level non perwira relatif banyak. Apalagi biasanya mereka cukup memiliki sertifikat-sertifikat dasar untuk berlayar seperti BST (Basic Safety Training) dan semacamnya,” tutur Sodikin. (aliy)

loading...