Angkasa Pura 2

Inggris Kerahkan Pesawat Tempur Cegat Pembom Rusia

KokpitKamis, 18 Februari 2016
RAF No 11 Squadron Typhoon at Green Flag, USA

LONDON (BeritaTrans.com) – Pesawat-pesawat tempur angkatan udara Inggris RAF jenis Typhoon mencegat dua pesawat pembom Rusia yang terbang ke arah wilayah udara Inggris, ungkap kementerian pertahanan Inggris.

Juru bicara kemenhan Inggris mengatakan, dua pesawat pembom Rusia itu di halau di suatu ‘kawasan kepentingan’ namun tak sempat masuk wilayah udara Inggris.

Setidaknya sudah enam kali dalam 12 bulan, pesawat-pesawat Rusia dicegat di wilayah udara sekitar Inggris.

November lalu, terjadi peristiwa serupa, ketika dua pesawat pembom Rusia dideteksi terbang di atas Samudera Atlantik dan digiring menjauh oleh pesawat-pesawat RAF.

Angkatan Udara Inggris menyebut,¬†kejadian seperti itu bukan tidak biasa, dan jet-jet tempurnya dikerahkan sebagai ‘langkah reaksi cepat.’

Desember lalu, perwira militer Inggris melakukan pembicaraan dengan sejawat Rusia mereka terkait penerbangan pesawat-pesawat Rusia di sekitar wilayah Inggris.

Betapapun, pesawat-pesawat Rusia itu belum pernah benar-benar melangagr wilayah udara Inggris, hanya terbang dekat sekali ke perbatasan.

Menteri Pertahanan Inggris beberapa waktu lalu memperingatkan ‘bahaya nyata saat ini’ terkait Rusia¬†yang disebutnya berusaha merusak kestabilan tiga negara Baltik. (lia/sumber: bbcindonesia).

loading...