Angkasa Pura 2

Badan Litbang Perhubungan Gelar Lomba Penelitian Transportasi 2016

LitbangMinggu, 21 Februari 2016
IMG_20160221_161532_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan kembali menggelar lomba penelitian transportasi tingkat nasional untuk tahun 2016. Lounching lomba dilakukan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pada saat Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) 2016 Badan Litbang Perhubungan di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan, Rabu (17/2/2016).

“Pak Menteri (Menteri Perhubungan Ignasius Jonan) berpesan agar lomba penelitian transportasi tingkat nasional tahun ini terkait dengan sektor perhubungan udara,” kata Kepala Badan Litbang Perhubungan DR Elly Adriani Sinaga, M.Sc.

Untuk itu, ujar Elly, tema penelitian transportasi nasional tahun 2016 yang diambil Badan Litbang Perhubungan yaitu “Melalui Inovasi Teknologi Kita Tingkatkan Keselamatan dan Pelayanan Penerbangan.”

“Harapannya, kami mendapat masukan tentang inovasi teknologi di bidang transportasi udara yang akan dapat diimplementasikan dalam upaya membenahi kondisi transportasi udara di Indonesia, khususnya mengenai keselematan dan pelayanan penerbangan,” kata Elly.

Selain itu, lomba penelitian ini juga bertujuan antara lain: Untuk menyediakan sarana komunikasi ilmiah bagi masyarakat umum untukmenyumbangkan ide-ide kreatif dan inovatif di bidang penerbangan; mendapatkan hasil penelitian yang orisinil, berkualitas dan kompetitif; mendorong terciptanya budaya riset di kalangan masyarakat umum; meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan pelayanan penerbangan; dan menyediakan bahanpertimbangan dalam proses pengambilan kebijakan di bidang penerbangan.

“Hadiah yang kami sediakan untuk pemenang utama Rp20 juta dan educational trip ke Australia bagi pemenang I, II, dan III. Tetapi Pak Menteri ingin hadiah utamanya sebesar Rp250 juta, biar peminatnya banyak,” ujar Elly.

Seperti pelaksanaan lomba penelitan tahun-tahun sebelumnya, lomba kali ini pun dilakukan dengan beberapa tahapan, diantaranya: seleski makalah secara online; penentuan tiga makalah terbaik masing-masing di setiap regional; presentasi makalah di tingkat regional; penentuan pemenang pertama masing-masing kategori untuk diikutsertakan pada seleksi tingkat nasional; kemudian dipilih pemenang I, II, dan III untuk masing-masing kategori.

Adapun peserta lomba dibagi menjadi 10 regional yaitu: Medan (Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi); Palembang (Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung); DKI Jakarta (Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat); Surabaya (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur); Yogyakarta (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta); Pontianak (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur); Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara); Manado (Sulawesi Utara dan Gorontalo); Ambon (Maluku dan Maluku Utara); Jayapura (Papua dan Papua Barat).

Peserta lomba juga dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk tingkat SLTA/S1 dan tingkat S2/S3. Para peserta sudah dapat mendaftarkan keikutsertaannya mulai 17 Februari 2016 hingga 22 Juli 2016. (aliy)