Angkasa Pura 2

Kepada Pengusaha Pelayaran, Syahbandar Tanjung Priok Sosialisasi PNBP Kenavigasian

DermagaSenin, 22 Februari 2016
2016-02-22 06.33.06

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok menggelar sosialisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kenavigasian.

Sosialisasi yang dipimpin langsung Syahbandar Capt. Sahattua P Simatupang itu dihadiri Plt. Direktur Utama PT Pelabuhan Indoensia (Pelindo) II Dede Martin, pengusaha pelayaran anggota INSA Jaya, para Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) di DKI Jakarta serta Merak.

Sahattua menjelaskan dengan jelas dan meyakinkan tentang Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2015 tentang Penerimaan PNBP Jasa Telekomunikasi Pelayaran, VTS dan Master Cable.

Dalam sosialisasi yang di kantor PT Pelindo II itu, Sahattua mengemukakan PNBP Kenavigasian diberlakukan karena negara membangun fasilitas kenavigasian, mengoperasikan dan memeliharanya dengan dana yang berasal dari uang rakyat.

Negara menyediakan fasilitas kenavigasian tersebut sebagai bagian dari menjaga keselamatan pelayaran. “Perusahaan pelayaran menikmati pelayanan kenavigasian tersebut,” tutur mantan Atase Perhubungan RI di London tersebut.

Meski demikian, dia mengingatkan pungutan PNBP akan mengedepankan aspek keterjangkauan. “Karena kalkulasi tarif tidak memasukkan komponen laba, sehingga tarifnya pasti terjangkau,” tuturnya.

2016-02-22 06.33.33

Kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans.com, Senin (22/2/2016), Sahattua belum membuka mengenai kepastian waktu pemberlakuan PNBP Kenavigasian tersebut.

“Kami sosialisasi dulu dalam rangka memberikan pemahaman terhadap perspektif PNBP Kenavigasian, sehingga tidak ada keterkagetan saat diberlakukan. Ini sesuai perintah Bapak Menteri Perhubungan,” ujarnya didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Kesyahbandaran Utama Tanjubg Priok, Roy Kasiono. (awe).

loading...