Angkasa Pura 2

Ketua Umum INSA Johnson Apresiasi Kemenhub Perkuat Kapal Kenavigasian

DermagaSenin, 22 Februari 2016
2016-02-22 14.29.27

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Asosiasi Pengusaha Pelayaran (INSA) mengapresiasi langkah Direktorat Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan kembali membangun lima unit kapal kelas I kenavigasian.

“Kami melihat dan menilai pembangunan lima kapal navigasi itu merupakan aksi berkelanjutan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana bantu navigasi pelayaran,” ujar Johnson W Sutijpto, Ketua Umum INSA, kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans.

Johnson mengutarakan dengan penambahan kapal navigasi maka Kementerian Perhubungan memposisikan diri sebagai lembaga pemerintah, yang gencar mewujudkan visi dan misi Nawa Cita yakni negara hadir dalam kesempatan apapun yang dibutuhkan rakyat, termasuk mengenai keselamatan pelayaran.

“Dengan bertambahnya kapal navigasi maka semakin kuat posisi Kementerian Perhubungan dalam menjaga keselamatan pelayaran. Patroli untuk mengecek rambu, mengantar petugas dan logistik menara suar dan sebagainya menjadi lebih terjamin,” tuturnya.

Sebagai Ketua Umum DPP INSA, Johnson juga mengapresiasi Menteri Ignasius Jonan dalam menggerakkan Kementerian Perhubungan memberikan fokus utama dalam keselamatan.

Seperti diberitakan BeritaTrans.com, kontrak pembangunan 5 kapal navigasi ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan kapal kenavigasian Ditjen Hubla dengan Direktur Utama Galangan Kapal PT. Palindo Marine di lobby ruang kerja Direktorat Kenavigasian, Senin (23/2/2016).

Penandatangan kontrak tersebut disaksikan langsung oleh pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut DR. Umar Aris, SH, MM, MH dan Direktur Kenavigasian Ir. Bambang Wiyono, MM, dan Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Capt. Hari Setyobudi. (aliy)