Angkasa Pura 2

Sedang Low Season

Gapasdap: 27 Kapal Layani Lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni

DermagaSelasa, 23 Februari 2016
IMG_20160223_101411_edit

MERAK (BeritaTrans.com) – Sedikitnya 27 roro berbagai ukuran siap melayani pengguna jada di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni. Sementara, total kapal yang melayani lintasan penyeberangan itu mencapai 54 unit.

“Jumlah itu (27 unit) masih cukup, terutama pada hari-hari kerja biasa seperti sekarang,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak Tigor Napitupulu menjawab BeritaTrans.com di Merak, Selasa (23/2/2016).

Pada hari-hari biasa seperti sekarang, lanjutnya, volume penumpang dan kendaraan juga turun. “Jadi, semua bisa dilayani dengan baik dan cukup dengan kapal yang ada ini,” jela dia.

Seperti diketahui, saat ini ada beberapa perusahaan pelayaran besar yang mengoperasikan kapal-kapalnya di lintasan Merak-Bakauheni.

Mereka itu antara lain, PT Dharma Lautan, PT Jemla, PT Windu Kencana, dan tentunya PT ASDP Indonesia Ferry dengan beberapa kapal roro miliknya.

Yang pasti, menurut Tigor, seluruh kapal yang dioperasikan di Merak-Bakauheni dalam kondisi prima. “Semua kapal laik laut dan dioperasikan oleh pelaut-peluaut andal,” tukas putra Batak itu.

Seperti anjuran Dirkappel Sugeng Wibowo saat sidak kapal tadi, tambah Tigor, pemerintah meminta seluruh alat-alat keselamatan pelayaran di kapal harus ada dan dirawat dengan baik.

“Semua alat keselamatan harus dijaga dan dirawat dengan baik. Dengan begitu, dipastikan mereka bisa digunakan dengan baik untuk menolong korban,” kata Tigor menirukan Sugeng.

Dalam sidak Dirkappel Sugeng Wibowo, salah satu kapal yang dicek dan diperiksa alat-alat keselamatannya adalah KM Windu Karya Dwintya.

“Dari hasil pemeriksaan alat-alat keselamatan masih bagus dan bisa dioperasikan dengan baik. Meski diakui, ada beberapa hal yang diminta ditambah dan diperbaiki,” tegas Tigor.(helmi)