Angkasa Pura 2

Tingkatkan Persyaratan Keselamatan Kendaraan Baru

KoridorSelasa, 23 Februari 2016
foto isk

Bila standar keselamatan kendaraan baru bisa ditingkatkan dengan mempersyaratkan perangkat keselamatan standar yang lebih tinggi dengan sendirinya akan terjadi peningkatan keselamatan di jalan.

Biasanya standar keselamatan yang lebih tinggi menjadi pilihan/option dalam membeli kendaraan, sehingga harganya menjadi lebih mahal. Namun kalau persyaratan itu dipersyaratkan maka dengan sendirinya pabrikan kendaraan akan berupaya menurunkan biaya produksinya.

Pada mobil, fasilitas keselamatan yang yang sudah bisa diwajibkan diantaranya adalah kantung udara (Airbag) untuk benturan dari depan ataupun dari samping, pengereman yang lebih baik dengan mempersyaratkan penggunaan rem ABS/Anti lock Brake System.

Perkembangan lebih lanjut yang bisa dipersyaratkan adalah Fitur untuk menghindari kecelakaan yang merupakan fitur yang membantu untuk menghindari terjadinya kecelakaan, seperti pengereman otomatis darurat (auto emergency braking /AEB), kontrol stabilitas elektronik (electronic stability control/ESC) dan kontrol traksi.

Perkembangan tehnologi kendaraan bermotor terus berkembang meningkatkan standar keselamatan kendaraan bermotor, sehingga secara berkala pemerintah perlu melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan standar keselamatan yang dipersyaratkan kepada seluruh produsen dan importir kendaraan.

Fitur Keselamatan Penting
Pertama adalah kabin yang kuat yang dapat menahan dampak kuatnya benturan pada saat terjadi kecelakaan. Kedua, zona Snorckack/ringsek pada bagian luar kabin yang dimaksudkan untuk menyerap gaya yang terjadi pada saat terjadi kecelakaan. Ketiga, pada bagian dalam kendaraan yang lembut sehingga dapat mengurangi cedera penumpang didalam kecelakaan.

Iskandar Abubakar, mantan Dirjen Perhubungan Darat, Ketua GRSP-Indonesia @iskandarabu

loading...