Angkasa Pura 2

Alami Kerusakan Mesin, Garuda Amsterdam – Jakarta Batal Terbang

KokpitSaturday, 27 February 2016

JAKARTA (beritatrans.com) – Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA89 rute Amsterdam – Jakarta terpaksa batal terbang karena mengalami kerusakan mesin. Seharusnya pesawat Boeing 777 300ER itu terbang pada pukul 15. 00 waktu setempat, Jumat (26/2/2016).

Kerusakan mesin itu diketahui setelah penumpang berada di dalam pesawat. Bahkan pesawat pun sudah bergerak menuju runway sebelum kemudian kembali ke apron.

Seperti diberitakan tribunnews.com, salah seorang penumpang pesawat, Doni Ismanto Darwin (36), mengatakan saat itu penumpang naik ke pesawat dengan tepat waktu.

Namun, saat pesawat menuju runway, pilot memberitahukan kepada penumpang bahwa pesawat harus kembali lagi karena ada masalah teknis.

“Saat itu penumpang diminta menunggu di pesawat sekitar 30 menit. Ternyata setelah dua jam menunggu, kami diminta kembali ke Gate. Pukul 22.00 waktu Amsterdam, kami diberitahu bahwa penumpang baru bisa berangkat pada pukul 10.00 keesokan harinya,” kata Doni.

Vice President Komunikasi Perusahaan Garuda Indonesia Benny S Butarbutar mengakui bahwa pesawat GA89 Boeing B777-300ER PK-GID tertahan di Bandara Schipol karena ada gangguan mesin.

“Ditemukan gangguan pada bagian mesin dan saat ini sedang dalam pengerjaan teknisi gabungan dari GA dan KLM dengan bantuan spare parts dari Air France karena maskapai ini memiliki tipe pesawat yang sama,” kata Benny.

Benny mengatakan pihaknya berusaha melakukan perbaikan secepatnya agar bisa siap terbang paling lambat pkl.15.30 waktu setempat.

“Dan kalau cepat (selesai) diperkirakan (terbang) pkl 12.30 waktu setempat,” ujarnya.

Menurutnya penanganan penumpang sudah sesuai dengan SOP perusahaan, termasuk dengan memberikan akomodasi/hotel bagi penumpang sampai dengan waktu keberangkatan. (aliy)