Angkasa Pura 2

INKA Siapkan 6 Rangkaian Pesanan KAI Untuk Dioperasikan Saat Lebaran

EmplasemenSabtu, 27 Februari 2016
kai-luncurkan-kereta-ekonomi-jayabaya-rute-jakarta-malang-pp-rev-1

MADIUN (BeritaTrans.com) – PT Industri Kereta Api (INKA) di Kota Madiun, Jawa Timur, sedang menyiapkan enam rangkaian kereta api yang dipesan oleh PT Kereta Api Indonesia untuk angkutan Lebaran tahun 2016. Dengan tambahan KA baru nanti, diharapkan pelayanan kepada masyarakat pengguna makin baik dan tingkat keselamatan tinggi.

“Saat ini sedang dikerjakan dan ditargetkan sebelum Lebaran sudah diserahkan ke PT KAI. Sebab, kereta-kereta tersebut akan digunakan untuk mendukung angkutan Lebaran 2016,” kata Senior Manajer Sekretariat, Hubungan Publik dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT INKA Cholik Mochamad Zamzam di Madiun, Sabtu (27/2/2016).

Ia menjelaskan kereta pesanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) meliputi empat rangkaian kereta api ekonomi (K3) dan dua rangkaian kereta api eksekutif (K1).

Dua dari empat rangkaian kereta ekonomi yang digarap, menurut dia, merupakan rangkaian kereta panjang dengan 15 gerbong. Sementara rangkaian kereta biasa umumnya terdiri atas 10 gerbong.

Setiap rangkaian kereta, ia melanjutkan, meliputi kereta penumpang, kereta makan dan kereta pembangkit.
Ia menjelaskan pula bahwa rangkaian kereta ekonomi dan eksekutif pesanan PT KAI adalah kereta model baru yang desain dan interiornya berbeda dengan kereta-kereta yang saat ini beroperasi.

PT INKA berencana menyerahkan pesanan rangkaian kereta eksekutif kepada PT KAI awal Maret. “Sedangkan K3 rangkaian panjang masih butuh waktu pengerjaan yang agak lama,” kata Cholik.

Selain membuat kereta untuk angkutan Lebaran, PT INKA juga sedang menggarap kereta pesanan Kementerian Perhubungan yang antara lain lokomotif dan kereta kedinasan.

Secara umum, pesanan terbanyak PT INKA berasal dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, yakni mencapai 75 hingga 80 persen dari seluruh kontrak. Sisanya dibuat untuk kalangan swasta dan ekspor.

Untuk keperluan ekspor, PT INKA antara lain telah membuat kereta pesanan dari Bangladesh, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Australia.(riz/ant)

loading...