Angkasa Pura 2

Angkut 162 Penumpang, Pesawat Ryanair Nyaris Tertabrak 2 Jet Tempur Israel

KokpitRabu, 2 Maret 2016
They make you walk a long way to get to the plane

EILAT OVDA (BeritaTrans.com) – Dua jet tempur Angkatan Udara Israel dilaporkan hampir menabrak sebuah pesawat penumpang selama pelatihan latihan di gurun Negev, Israel, Selasa (1/4/2016).

Dua pesawat F-16 Angkatan Udara Israel, yang sedang mengikuti latihan tempur, ke laur dari formasi dan melintasi jalur penerbangan sipil.

Bersamaan dengan deviasi jalur pesawat tempur itu, pesawat Ryanair dengan 162 penumpang melintas dekat dengan Ovda, sekitar 60 kilometer (37 mil) utara kota resor selatan Eilat, demikian Army Radio seperti dikutip timesofisrael.com, Selasa (1/4/2016).

Insiden ini terjadi di 27.000 kaki. Pilot Ryanair mencegah kecelakaan dengan mengubah arah pada saat terakhir, Channel 2 melaporkan, mengutip reaksi cepat dan efektif kokpit Ryanair terhadap bahaya.

“Penerbangan ini dari Krakow ke Eilat Ovda (1 Mar) sedang berada di ketinggian di 27.000 ft di wilayah udara Israel ketika dua pesawat militer lebih dari 3 mil jauhnya dari Ryanair. Kejadisn itu segera direspon pihak ATC setempat dan pesawat militer turun jauh dari jet Ryanair, yang dilanjutkan ke Eilat Ovda dan mendarat tanpa insiden,” ungkapnya.

Kementerian Transportasi dan angkatan udara meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut. (gus).