Angkasa Pura 2

9 – 10 Maret 2016 Tol Mandara Bali Ditutup 33 Jam

KoridorJumat, 4 Maret 2016
2016-03-04 16.55.41

DENPASAR (BeritaTrans.com) – Jalan Tol terpanjang di Provinsi Bali yaitu Jalan Tol Mandara direncanakan akan ditutup untuk peringati Hari Raya Nyepi tahun Daka 1938 yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2016 bertepatan dengan gerhana matahari total, yang akan melintasi sebagian wilayah di Indonesia.

Penutupan Jalan Tol Bali Mandara akan dilakukan selama 33 jam mulai 9 Maret akan dimulai dari pukul 00.00 WITA atau hingga 10 Maret 2016 pukul 07.00 WITA.

Penutupan Jalan Tol Bali Mandara tersebut telah diungkapkan oleh Direktur Teknik dan Operasional PT Jasa Marga Bali Tol Rismature Sidabutar.

Ia menjelaskan salah satu tujuan dari penutupan Jalan Tol Bali Mandara ialah untuk menghormati Hari Raya Nyepi, diketahui hampir semua masyarakat bali merupakan pemeluk agama Hindu yang dipastikan akan melakukan ibadah Nyepi pada hari itu.

Rismature juga menuturkan bahwa penutupan Jalan Tol Bali Mandara ini bukan untuk kali pertama, yakni selama memperingati Hari Raya Nyepi Jalan Tol Bali Mandara sudah pernah ditutup selama 3 kali.

Selain itu Rismature juga menambahkan jika jumlah pengendara Jalan Tol Bali Mandara semakin hari semakin meningkat. Dimana dalam sehari Jalan Tol Bali Mandara dilewati pengendara kendaraan yang rata-rata mencapai lebih dari 55.000 kendaraan.

Di sisi lain, dalam perayaan Hari Raya Nyepi besok yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2016 semua warga Bali pemeluk Agama Hindu pada hari itu tidak boleh keluar rumah dan juga harus berpuasa. Dimana Hari Raya Nyepi memiliki makna mengheningkan dan menentramkan diri selama dua kali duapuluh empat jam atau sehari, hal itu digunakan untuk intropeksi diri akan kesalahan ataupun kebaikan apa saja yang telah dilakukan selama ini. (anky).