Angkasa Pura 2

Annisa Travel: Hati-Hati Memilih Biro Perjalanan Haji dan Umrah

Destinasi KokpitJumat, 4 Maret 2016
IMG_20160304_152453_edit_edit

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Hati-hati memilih perusahaan jasa travel atau Biro Perjalanan Haji dan Umrah. Jangan hanya memilih harga murah, apalagi tawaran ekstra murah yang melebihi batas kewajaran.

Demikian disampaikan Dirut Annisa Traval Eri Heriawati. yang menawarkan produk salah satunya paket haji dan umrah, menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

“Periksa Biro Haji dan Umrah secara baik, apa fasilitas yang ditawarkan. Dimana hotel atau penginapan selama di Tanah Suci dan maskapai penerbangan yang digunakan. Semua harus jelas, agar tak menimbulkan masalah di kemudian hari,” sebut Eri.

Menurutnya, patokan harga paket Haji dan Umrah ke Tanah Suci saat ini bervariasi. “Tapi, jika terlalu murah layak dipertanyakan. Apa benar layanan mereka sesuai kualitas yang dijanjikan,” tanya Eri diplomatis.

Dikatakan, jika ada tarvel biro yang menawarkan paket Rp20 juta per orang, masih bisa dimaklumni. “Tapi jika dibawah itu, apalagi sampai Rp10 juta per orang mestu dicek ulang,” jelas Eri yanhg sudah 10 tahun menjalankan usaha travel itu.

“Semua ada hitungannya dan bisa dikalkulasi sendiri. Untuk tiket pesawat rata-rata US$1.000 per orang. Dengan kurs sekarang Rp13.800/ Dolar, maka setara dengan Rp13,8 juta,” sebut Eri disela-sela pembukaan Cabang Annisa Travel di Gedung Antam itu.

Sementara, lanjut dia, masih ada kebutuhan lain seperti visa, makan, minum dan penginapan selama di Tanah Suci. Sekali lagi, jangan tergiru dengan tawaran harga murah semata.

“Jika mereka disana 10 hari, bisa dihitung sendiri, berapa kira-kira kebutuhan riil selama menunaikan Haji atau Umrah,” papar Eri.

Tips Memilih Travel
Oleh karena itu, menurut Eri, ada beberapa Tips memilih travel biro yang aman dan baik untuk menunaikan ibadah Haji atau Umrah.

Pertama, perusahaan legal dan mempunyai izin resmi dari pejabat berwenang. Kedua, mereka dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan TOJK), sehingga memiliki jaminan kepercayaan yang lebih tinggi.

Ketiga, menawarkan harga paket Haji dan Umrah yang wajar, lengkah dengan fasilitas dan kesejahteraan yang ditawarkan.

Keempat, menurut Eri, memiliki rekam jejak yang baik. Pelayanan bagus dan bertanggung jawab, baik di Tanah Air sampai saat di Tanah Suci serta selama prosesi menjalankan ibadah Haji dan Umrah.

Kelima, sebagai perbandingan bisa bertanyakan ke travel biro lain, atau pengalaman teman, saudara atau lainnya yang pernah menggunakan jasa travel Biro Perjalanan Haji dan Umrah.

“Paling tidak, bisa browshing di internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai pelayanan travel Biro Perjalanan Haji dan Umrah yang terbaik di Tanah Air,” tandas Eri.(helmi)