Angkasa Pura 2

Dilengkapi Wifi, CCTV & TV LCD, Kereta Eksekutif Diserahkan Inka Ke KAI

EmplasemenJumat, 4 Maret 2016
Foto: vivanews

MADIUN (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Industri Kereta Api (Inka) mengirim satu rangkaian kereta (train set)kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta yang dikabarkan untuk angkutan Lebaran ini merupakan kereta eksekutif, yang semuanya diproduksi oleh Inka.

Direktur Produksi Inka, Hendy Hendratno Adji, mengatakan, K1 New Image adalah kereta yang dibuat untuk proyek 2015.

“Tahun 2015 kami mendapat proyek dari PT KAI, sebanyak empat train set kereta eksekutif (K1). Nilai total kontrak sebesar Rp215 miliar. Kalau dihitung, satu gerbong senilai sekitar Rp4,5 miliar,” ujar Adji, seperti dikutip viva, Jumat 4 Maret 2016.

Ia menjelaskan, mulai  dari bogie (tempat roda kereta) hingga interior, semua dibuat oleh Inka. “Dan biasanya, pendingin udara selalu memakai produk impor. Mulai kereta ini, kami memakai pendingin udara produk sendiri, dengan kapasitas 18.000 kalori per jam,” tutur Adji.

Adapun konsep besar untuk kereta api K1 New Image ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan memudahkan perawatan.

“Memudahkan perawatan, seperti desain bingkai jendela yang baru pertama digunakan di kereta ini, yang semakin mudah dalam pembersihan. Jika ada yang pecah, penggantian kaca lebih mudah,” tutur Adji. Selain itu, digunakan interior modulair yang mudah memasang dan melepasnya.

“Ada juga layanan Wi-Fi di dalam kereta, dan dilengkapi dengan empat LCD TV. Selama ini kan hanya ada dua LCD TV. Selian itu, untuk layanan keamanan, kami pasang kamera CCTV di setiap kereta, yang dipantau dari ruang operator dan satu kursi untuk difabel,” ujarnya. 

Selain menyelesaikan empat train set, pada 2016, Inka juga melakukan kontrak pembuatan kereta dengan PT KAI, berupa lima train setkereta eksekutif (K1) dan lima train set kereta ekonomi (K3). (viva).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari