Angkasa Pura 2

Sebelum Kapal Tenggelam, Banyak Bocah Panik & Terjun Ke Laut

DermagaJumat, 4 Maret 2016
Kapal_tenggelam

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) – Puluhan penumpang panik saat KMP Refelia II oleng di perairan Selat Bali. Mereka kemudian menyelamatkan diri dengan terjun ke laut. 

“Banyak anak kecil juga dari kapal itu,” kata Ferdinan Valentino, saksi mata, melalui sambungan telepon kepada Metrotv, Jumat (4/3/2016).

Ferdinan mengaku ia menumpang kapal dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Sesaat sebelum berlabuh, ia melihat sebuah kapal miring lalu tenggelam.

“Kejadiannya begitu cepat,” ungkap Ferdinan.

Lantaran kejadian itu, kapal yang ia tumpang pun batal berlabuh ke Pelabuhan Ketapang. Nahkoda mengarahkan kapal ke kendaraan laut yang nyaris tenggelam itu.

Beberapa kapal lain juga mendekati KMP Refelia II. Penumpang KMP Refelia II lalu diselamatkan. Tapi, banyak penumpang yang terpisah dari anggota keluarga mereka dalam upaya penyelamatan tersebut.

“Ada satu anak yang diangkut ke kapal saya. Dia menangis karena terpisah dari ibu dan adiknya,” ujar Ferdinan yang mengaku dalam perjalanan dari Bali menuju Bandung, Jawa Barat.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 13.30 WIB, Jumat 4 Maret. Hingga berita ini dimuat, proses mengevakuasi korban masih berlangsung.

Kapal bermuatan 18 truk berukuran besar dan 9 truk berukuran sedang. Diperkirakan kapal membawa 50 penumpang dan 10 awak.