Angkasa Pura 2

Menhub Minta Fasilitas Keamanan Bandara Matahora Ditingkatkan

BandaraSenin, 14 Maret 2016
Bandara Matahora

JAKARTA (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta agar fasilitas keamanan Bandara Matahora, Waktobi, Sulawesi Tenggara ditingkatkan. Bandara ini dinilai strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan ini yang berbasis pada sektor pariwisata.

“Pemagaran (bandara) harus rapi supaya air side-nya rapih. Karena ada maskapai penerbangan yang tidak mau masuk kalau air side-nya buruk. Area bandara juga harus steril semua. Karena ini kan menyangkut safety‎‎” ujar Menhub Jonan melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Menhub Jonan juga meminta pengelola bandara untuk melakukan penghijauan di area bandara termasuk area runway.

Bandara Matahora Wakatobi merupakan bandara kelas 3 yang terletak di desa Matahora kecamatan Wangi-Wangi Selatan. Dibangun tahun 2007 dan saat ini sedang dalam tahap pengembangan baik pada sisi Darat maupun sisi udaranya.

Pada sisi udara, Bandara Matahora Wakatobi memiliki panjang Runway 2.000M X 30 M, Taxiway 107M X 18 M dan Apron 103M X 73 M. Sedangkan pada sisi Darat, bandara ini memiliki Terminal penumpang seluas 1524 M2 dengan kapasitas ruang tunggu 130 orang penumpang.‎

Saat ini maskapai penerbangan Wings Air menerbangi rute Wakatobi – Kendari menggunakan pesawat ATR 72 dengan frekwensi 7 kali seminggu. (aliy)

loading...