Angkasa Pura 2

STIP Jakarta Berikan Penyuluhan Perbengkelan Las Kepada 30 Warga Marunda

SDMSelasa, 15 Maret 2016
Penykuhan bengkel las

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta memberikan pelatihan keerja kepada masyarakat khususnya di bidang las. Latihan diberikan selama dua hari, 15-16 Maret 2016, dibuka langsung oleh Ketua STIP Jakarta, Pranyoto, SIP, MAP.

Pembukaan acara penyuluhan ketrampilan perbengekelan las untuk pemuda sekitar Kampus STIP dihadiri para pejabat STIP Jakarta seperti mulai Pembantu Ketua (Puket) STIP, Kapus P3M, dosen dan instruktur yang akan membina dan mendidik langsung para peserta program pelatihan keterampilan las listrik tersebut.

Program penyuluhan dan pelatihan itu diikuti 30 pemuda dari Kelurahan Marunda, Cilincing Jakarta Utara. Pelatihan keterampilan las diberikan sebagai bagian pemberdayaan masyarakat sekitar khususnya para pemuda. Dijarapkan mereka bisa mandiri dan mampu menjadi pelopor pembangunan daerahnya.

Ketua P3M STIP Jakarta Drs. Sugiyanto, MM, dalam laporannya Selasa (15/3/2016) mengatakan, kegiatan pelatihan kepada pemuda sekitar kampus secara rutin dilakukan sebagain bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi STIP Jakarta. Setiap tahun selalu ada program ketrampilan gratis yang diberikan kepada warga sekitar sesuai kebutuhan dan kemampuan Kampus STIP sendiri.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali para pemuda sekitar kampus dengan ketrampilan praktis yaitu las. Seusai mengikuti pelatihan las ini diharapkan bisa langsung kerja dan akhirnya mampu menghidupi diri dan keluarganya kelak,” kata Sugiyanto.

Peseta bengkel las

Program pelatihan ini, menurut dia, meliputi pelatihan di bidang teknik las, berikut ketrampilan ikutannnya. “Yang pasti, mereka dipersiapkan untuk langsung bekerja sesuai bidang keahlian masing-masing, terutama las,” jelas Sugiyanto lagi.

Sekretaris Kelurahan (Sekel) Maruda yang ikut hadir dan menyaksikan program ketrampilan las di STIP Jakarta menyambut gembiran acara ini. :Semogan bermanfaat dan kerja sama antara STIP dengan warga sekitar khususnya Kelurahan Marunda bisa berlanjut di masa mendatang,” kata dia.

Program pelatihan seperti ini, jelas Sekretaris Lurah Marunda itu, sangat bermanfaat dan mamou membekali oara pemuda di Marunda. “Jika mereka mempunyai ketrapilan, maka bisa bekerja agar mendapatkan penghasian yang memadahi. Ini program bagus sekaligus membantu mengentaskan masyarakat dar pengangguran dan kemiskinan,” tegas Sekel Marunda.(helmi)