Angkasa Pura 2

Capt. Sahattua: Indonesa Tawarkan Kerja Sama Port Sister Pada US Coast Guard

DermagaSelasa, 22 Maret 2016
Scoot - sahattua dialog

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Syahbandar Utama Tanjung riok menawarkan kerja sama dua pelabuhan atau Port Sisters antara Indonesia dengan US Coast Guard. Melalui kerja sama ini diharapkan ada pola dan standard pengelolaan dan pelayanan yang sama, antara pelabuhan di Indonesia dengan salah satu pelabuhan di Amerika Serikat (AS).

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Kepala Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt. Sahattua PS. Simatupang,MM, MH saat mendampingi dua perwira US Coast Guard Letnan Commander Scoot Balton dan Letnan Commander Zeke Lyons saat mengunjungi fasilitas dan dermaga JICT Jakarta, Senin (21/3/2016).

Menurut Capt. Sahattua, sudah saatnya Indonesia menunjukkan bahwa pelabuhan-pelabuhan di Indonesia mempunyai standard pelayanan yang bagus sesuai dan setara dengan pelabuhan-pelabuhan kelas dunia seperti di Jepang, Hongkong dan AS sendiri.

Kalau ada kerja sama resmi Port Sisters, papar Capt.Sahattua, akan ada standar pelayanan yang sama, selain itu juga tingkat keamanan yang maksimal. “Dan yang pasti, semua kapal, pelabuhan dan fasilitas di dalamnya dipastikan memenuhi aspek kelaikoperasian yang tinggi sesuai standar kelas dunia,” jelas Capt. Sahattua.

Dalam perbincangan tadi, menurut Capt. Sahattua, dua perwira US Coast Guard menyatakan persetujuannya. Tapi, mereka belum memastikan pelabuhan mana yang akan menjadi target Port Sisters dengan pelabuhan di Indonesia.

“Di Tanah Air, banyak pelabuhan yang bagus dan memenuhi standar kelas dunia. Pelabuhan Tanjung Priok misalnya, kini pelayanan makin baik dengan standard pengamanan dan keselamatan yang tinggi,” papar Capt. Sahattua.

Dia menambahkan, saatnya Indonesia menunjukkan kepada dunia bahwa standar pelayanan dan pengamanan di pelabuhan-pelabuhan utama di Tanah Air sudah makin baik. Mereka bekerja sangat efisien dan tentunya dengan standard pengamanan dan keselamatan yang tinggi.

“Pengguna jasa baik perusahaan pelayaran, eksportir-importir dan para pemangku kepentingan lainnya untuk tidak ragu-ragu menjalankan aktivitasnya terutama di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Pemerintah menjamin keamanan dan tingkat pelayanan yang baik pula,” tegas Capt. Sahattua.(helmi)

loading...