Angkasa Pura 2

Manjakan Mata Di Hutan Raya Djuanda & Tebing Keraton Bandung

DestinasiSelasa, 29 Maret 2016
IMG-20160329-WA0003

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Bandung sebagai kota wisata memiliki berbagai tempat wisata yang unik dan atraktif untuk dieksplorasi, dari wisata kuliner hingga panorama luar biasa.

Jika pernah mengunjungi Kawah Putih atau Tangkuban Perahu, kita sebaikya memanjakan mata dengan menikmati Tebing Keraton.

Tebing Keraton berlokasi di kawasan Taman Hutan Raya Juanda, Dago Pakar, Bandung. Untuk sampai ke Tebing Keraton kita harus melewati jalanan ekstrem mengingat banyaknya tanjakan curam. Bahkan terdapat tanjakan yang masih berupa bebatuan natural.

Di sepanjang perlintasan ekstrem itu kita dapat menikmati hamparan perkebunan milik warga sekitar yang begitu indah. Hamparan perkebunan dengan berbagai tanaman menciptakan perpaduan warna atraktif.

Di Taman Hutan Raya Djuanda terdapat area hutan konservasi. Kita dapat menikmati berbagai tempat wisata menarik tanpa harus lelah berkunjung dari satu tempat ke tempat lain.

Di dalam hutan ini terdapat monumen Ir. H. Djuanda, Gua Jepang, Gua Belanda, Kolam Pakar, dan Museum Ir. H. Djuanda.

Luasnya Taman Hutan Raya Djuanda ini mengharuskan kita menyewa motor atau membayar ojek sebesar Rp. 100.000 untuk beralih dari satu tempat ke tempat lain. Namun, kita masih bisa menawarnya jika harga tersebut dirasa terlalu mahal.

Indahnya alam di kawan Taman Hutan Raya Djuanda ini membuat rasa penasaran Anda menggelitik. Namun kurangnya prasarana pendukung seperti jalanan rusak dan kendaraan umum untuk mencapai kawasan Taman Hutan Raya Djuanda membuat poin minus dari taman wisata ini.

Nanda, salah satu wisatawan dari Medan, mengungkapkan, “Seharusnya juga diberi angkutan didalam kawasan Taman Hutan Raya Djuanda ini agar wisatawan tidak perlu repot berjalan jauh dan menawar harga.”

IMG-20160329-WA0002

Sekitar 4 kilometer dari Taman Hutan Raya Djuanda, tibalah kita di Tebing Keraton. Di sini tak hanya ada pemandangan hamparan hutan, juga terdapat beberapa air terjun yakni Air terjun Curug Omas, Air terjun Curug Lalay dan Air terjun Curug Dago.

Kita hanya perlu membayar tiket Rp11.000 per orang, termasuk asuransi. Tarif parkir Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor.

Setelah memacu adrenalin, kita pun dipuaskan dengan pemandangan indah di Tebing Keraton dengan hamparan hutan pinus dan udara segar untuk melepas penat. Jangan lupa untuk siapkan kamera dan posting foto di sosial media ya! (aisha rayyan/mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pasundan, Bandung).