Angkasa Pura 2

STIP Jakarta Siap Terima Taruna Officer Plus (OP) Tahun 2016

SDMSelasa, 5 April 2016
Marzuki STIP -taruna

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta akan kembali menerima dan mendidik taruna program Officer Plus (OP) di tahun 2016. Mereka akan dididik dan dipersipkan menjadi operator kapal-kapal negara (KN) yang sekarang sedang dibangun dan akan selesai secara bertahap sampai 2019 mendatang.

“Kita akan menerima taruna program OP. STIP akan menerima dua kelas, masing-masing 30 orang. Proses rekrutmen taruna OP dilakukan bersamaan dengan masa seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) tahun 2016 ini,” kata Pembantu Ketua (Puket) I STIP Jakarta Bidang Akademik Capt. Wisnu Risianto,MM menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Seperti diketahui, sampai tahun 2019 mendatang Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan membangun lebih dari 300 kapal berbagai jenis dan ukuran. Mereka itu adalah kapal-kapal navigasi, kapal patroli KPLP, kapal perintis, kapal ternak dan lainnya. Kini mereka sedang dibangun di beberapa galangan kapal di dalam negeri.

Menurut Wisnu, taruna program OP diseleksi secara ekstra ketat dan mempunyai kemampuan lebih dibandingkan taruna reguler. Nati seurhh biaya pendidikan mereka ditanggung negara melalui dana APBN.

“Mereka taruna OP akan dididik dengan khusus dan gratis bahkan mereka diberikan uang saku secara periodik. Tapi, mereka harus memenuhi standar, jika nilainya kurang akan di-DO dan harus mengembalikan biaya pendidikan yang sudah diterimanya. Semua itu diatur dan ditetaplan dalam kontrak yang ditandatangani sebelum memasuki program pendidikannya,” kata Wisnu lagi.

Mulai tahun 2015 lalu, STIP Jakarta sudah menerima dan mendidik taruna OP. Mereka terdiri dari satu kelas Nautika dan satu kelas Teknika. “Mereka itu dipersiapkan menjadi pelaut yang akan mengoperasikan kapal-kapal negara di Tanah Air,” tandas Wisnu.(helmi)

loading...