Angkasa Pura 2

Ditkappel Gelar Workshop Persiapan Sidang IMO & Diikuti 4 Kementerian Dan BKI

DermagaJumat, 8 April 2016
2016-04-08 15.54.51

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkappel) Ditjen Perhubungan Laut (Hubla), Jumat (8/4/2016), menggelar workshop persiapan bahan sidang ke-69 Marine Environment Protection Committee (MEPC) Organisasi Maritim Internasional (IMO).

MEPC merupakan organ IMO, yang membidangi bidang pencegahan pencemaran lingkungan maritim. Sidang ke-69 IMO MEPC ke 69 akan dilaksanakan di kantor pusat IMO di London, Inggris, 18-22 April 2016.

Workshop diikuti oleh perwakilan dari kantor pusat Ditkappel, UPT Ditjen Hubla, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

2016-04-08 15.54.17

“Indonesia sebagai anggota Dewan IMO kategori C berkomitmen untuk turut aktif menjaga kelestarian lingkungan maritim dengan menerapkan aturan-aturan tentang pencegahan pencemaran lingkungan maritim baik aturan internasional yang dikeluarkan IMO maupun aturan-aturan nasional,” ungkap Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ir. Sugeng Wibowo, MM.

Dalam sambutan, yang dibacakan oleh Kasubdit Pencegahan Pencemaran dan Manajemen Keselamatan Kapal dan Perlindungan Lingkungan Maritim Capt. Barlet, MM, Direktur Kappel menyatakan berbagai aksi dan agenda dalam mencegah pencemaran lingkungan maritim telah dan akan terus diterapkan.

Pelaksanaan workshop ini sangat diapresiasi oleh Ketua Komite Kebijakan Publik dan juga selaku Utusan Khusus Menteri Perhubungan untuk IMO Dr. Laksamana (Pur) Marsetio MM. Pada sidang IMO MEPC, Marsetio akan bertindak sebagai Ketua Delegasi Indonesia.

Bahan workshop ini telah disiapkan secara matang oleh tim yang dipimpin oleh Kasie Pencegahan Pencemaran dan Manajemen Keselamatan Kapal Barang dan Kontainer Capt. Cristiana Yustita dan anggotanya di antaranya Stepanus Risdiyanto, Wahyu Ardhiyanto, ST. MT., Dedy Erianto ST. dan Adib Zuhairi ST. serta dari para staf divisi statutori PT Biro Klasifikasi Indonesia.

Salah satu peserta workshop dari KSOP Gresik dan juga anggota Delegasi IMO yang akan hadir pada sidang IMO MEPC ke 69 Ir. Junaidi, MM, menyebutkan bahwa beberapa bahan sidang IMO telah disiapkan bahan masukan yang nantinya akan disampaikan oleh delegasi Indonesia pada sidang IMO MEPC. (dien).

loading...