Angkasa Pura 2

Angkut 73 Orang, Kapal Mitra Nusantara Tabrak Karang, Penumpang Terombang-ambing Di Lautan

DermagaSenin, 11 April 2016
th-5

KENDARI (BeritaTrans.com) – Kapal Motor Mitra Nusantara yang memuat 69 wisatawan domestik dan 4 anak buah kapal kandas di perairan Pulau Bokori, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, setelah menabrak karang.

Kapal kayu dengan kapasitas 32 gros ton itu miring hingga naik di atas karang dalam perjalanan pulang menuju Kendari seusai berwisata di Pulau Bokori. Demikian kompas.com memberitakan, Senn (11/4/2016).

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, beberapa penumpang sempat panik.

Para penumpang sempat terombang-ambing di laut selama hampir satu jam sebelum diselamatkan tim SAR Kendari.

Kepala Basarnas Kendari Amiruddin menjelaskan, pihaknya menerima laporan dari salah seorang penumpang kapal bernama Abdul Rohim (30), Rabu (10/4/2016), sekitar pukul 19.40 Wita.

“Setelah terima laporan langsung kami turunkan tim dengan menggunakan Rescue Boat 210, anggota tiba di lokasi sekitar pukul 21.15 Wita langsung mengevakuasi 73 penumpang kapal menuju pelabuhan Jayanti Kendari,” kata Amiruddin di kantor SAR Kendari, Senin (11/4/2016).

Saat kejadian, ombak di perairan Pulau Bokori mencapai 1 meter dan cuaca mendung. Amiruddin menjelaskan, penyebab insiden tersebut lantaran alat navigasi kapal tidak lengkap atau rusak dan kecelakaan itu terjadi pada malam hari.

“Ini kejadian yang ketiga kalinya lokasinya juga sama. Di tempat kejadian memang sempit, kanan kirinya dangkal. Nakhoda kapal hanya mengandalkan¬†feeling-nya saja tanpa dilengkapi alat navigasi kapal, ini akibatnya,” kata dia.

Untuk itu, Amiruddin menghimbau kepada seluruh pengguna jasa pelayaran agar melengkapi alat navigasi dan tidak melakukan perjalanan pulang pada malam hari.

“Setiap penumpang atau jasa pelayaran perhatian alat navigasi dan cuaca. Jangan karena sering masuk ke pulau Bokori dan menganggap pulaunya dekat, sehingga mau saja pulang malam,” ujarnya.